90 Persen Jalan Nasional Siap Dilalui Pemudik

Share this:
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

JAKARTA, ENTENGTIMES.com – Pemerintah terus berupaya membangun berbagai infrastruktur jalan di seluruh pelosok Indonesia. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa 90 persen jalan nasional siap dilalui dalam masa mudik Lebaran 2018.

“Jadi keseluruhan jalan nasional sudah lebih dari 90 persen. Baik itu jalan dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi,” kata Basuki di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (6/6/2018).

Basuki memaparkan, 60 persen pemudik berasal di wilayah Pulau Jawa. Menurutnya, pemudik di Pulau Jawa didominasi oleh masyarakat dari Jakarta ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

“Kondisi semua bagus, bahkan jembatan Cincin Lama di Midang sudah dilewati beberapa hari lalu. Kemudian untuk tol kami kemarin lewat Tegal sampai Semarang 150 km itu tiga jam dengan kecepatan tidak lebih dari 60 km per jam,” ucapnya.

Untuk Tol Jakarta-Surabaya, Basuki menjelaskan ada 525 km jalan tol yang sudah beropersional secara penuh. Sementara 235 km masih bersifat fungsional.

“Jadi kita minta untuk di tol ini kecepatan tidak lebih dari 40-60 km per jam. Ada Pak Polisi yang mengatur,” ujar Basuki.

Lebih lanjut Basuki mengingatkan ada dua titik kerawanan di sepanjang tol Jakarta-Surabaya. Pertama di daerah pintu Kertasari dan Jembatan Kali Kuto.

Share this: