TNI Siapkan 2 Kapal Perang dan 4 Hercules Angkut Pemudik

Share this:
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – TNI menyiapkan sejumlah alutsista untuk mendukung hajatan tahunan masyarakat, mudik Idul Fitri 2018. Salah satunya dua unit kapal perang Landing Platform Dock (LPD) berkapasitas 1.000 orang.

“Kami menyiapkan 2 unit KRI jenis LPD dengan kapasitas angkut bisa 1.000 orang atau 30 mobil, atau 400 sepedamotor,” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/6/2018).

Bukan hanya itu, TNI juga menyiapkan empat unit pesawat Hercules yang masing-masing dapat mengangkut 100 hingga 130 orang.

“Apabila diperlukan kita bisa mendukung arus mudik maupun balik bersama-sama dengan dua kapal tersebut,” tutur Hadi.

Lebih jauh, Hadi menuturkan, TNI memiliki rencana tindakan kontijensi (rentinkon) dalam menghadapi kemungkinan bencana alam saat lebaran. Hadi berharap rentinkon tidak pernah dilakukan.

Meski begitu, pihaknya tetap menyiagakan tenaga udara untuk mengantisipasi kontijensi, meliputi 14 pesawat C-130, 5 boing 737, 5 CN-295, dan 2 CN-235.

“Yang saya maksud dengan rentinkon adalah tindakan mungkin bencana alam, kemudian tanah longsor, tsunami, itu kita siapkan angkutan udara yang bisa segera mendukung bahan makan, dan dukungan personel untuk melaksanakan bantuan di sana,” Hadi menjelaskan.

Share this: