PDIP Gelar Try Out SBMPTN Serentak di 34 Provinsi, Ini Pidato Ketum Megawati Soekarno Putri

Share this:
Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan memberikan keterangan pers terkait Program Try Out Nasional Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali menggelar program “Try Out Nasional Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN)”.

Acara yang digelar secara serentak di 34 provinsi dan kabupaten/kota itu akan berlangsung pada Minggu (29/4/2018).
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri dalampidatonya pada pembukaan try out menyampaikan bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa tidak hanya sebagai salah satu tujuan bernegara. Itu merupakan amanat kontitusi bagi seluruh warga negara Indonesia.

Dan, atas amanat mencerdaskan kehidupan bangsa inilah, PDI Perjuangan meletakkan perjuangan politik sebagai upaya memerdekakan manusia Indonesia agar terbebaskan dari belenggu penjajahan.

Upaya ini secara efektif hanya bisa dilakukan melalui jalan pendidikan. Pendidikan yang berbudi pekerti, pendidikan yang meningkatkan kecakapan manusia Indonesia untuk menjadikan Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian, serta pendidikan yang selaras dengan penghidupan dan kehidupan bangsa.

Melalui jalan inilah, PDI Perjuangan terus berupaya mendorong kebijakan nasional melalui petugas partainya di eksekutif dan legislatif untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional yang membentuk mental dan jiwa manusia Indonesia berdasarkan pancasila. Sistem pendidikan yang menekankan pada nation and character building (pembangunan bangsa dan wataknya).

Sistem pendidikan nasional yang pada akhirnya akan melahirkan putera – puteri, patriot – patriot, sarjana – sarjana, seniman –seniman, sastrawan – sastrawan, ahli – ahli, bahkan empu – empu yang bisa dibanggakan. Selain hal tersebut, langkah konkret juga dilakukan, termasuk membantu anak muda penerus generasi bangsa untuk mengikuti try out dalam rangka masuk ke perguruan tinggi di Indonesia.

“Semoga dengan program DPP Partai Bidang Pemuda dan Olahraga ini menjadi tradisi untuk meningkatkan kualitas para pemuda didalam mempersiapkan dan masuk ke perguruan tinggi. PDI Perjuangan percaya bahwa pemuda adalah masa depan bangsa karena di tangan generasi muda lah cita-cita para pendiri bangsa dapat dilanjutkan dalam program ini, saya serukan kembali apa yang pernah disampaikan Bung Karno, agar kaum muda Indonesia dapat menggantungkan cita-cita setinggi langit. ‘Berilah aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia’. Selamat Mengikuti try out,” ujar Megawati.

Sementara, Ketua DPP PDIP bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan mengatakan, program try out merupakan salah satu program kerja strategis DPP PDIP bidang Pemuda dan Olahraga pada dunia pendidikan, yang ditetapkan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri pada Rakernas III di Bali, 23-25 Februari 2018.

Kegiatan tersebut juga menjadi cita-cita PDIP dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

Menurut dia, uji coba itu bisa menjadi sarana para siswa SLTA/sederajad agar berhasil masuk perguruan tinggi negeri (PTN) favorit terbaik di Indonesia. Diketahui, banyak siswa yang gagal saat tes untuk masuk perguruan tinggi favorit lantaran secara psikologis banyak siswa yang grogi saat mengikuti tes SBMPTN.

“Gagalnya para siswa saat tes umumnya karena persoalan kecil, seperti grogi, salah dalam menentukan jurusan, hingga lupa absen. Nah, lewat try out diharapkan para siswa mampu memahami situasi saat tes SBMPTN,” kata dia.

PDIP, ujar Sukur, berkomitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, siap memfasilitasi siswa SLTA/sederajad dalam menghadapi SBMPTN. Materi uji coba yang disajikan juga hampir mirip dengan soal yang keluar dalam SBMPTN setiap tahun.

“Uji coba ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia melalui semua pengurus partai, mulai DPP, DPD, DPC, dan PAC di bidang Pemuda dan Olahraga (Pora),” kata dia.

Kegiatan try out SBMPTN ini ditargetkan akan diikui peserta 600.000 siswa. Kegiatan itu akan diikuti oleh para siswa, mulai kelas 11 dan 12 serta lulusan SMA/sederajat atau rentang usia 16-21 tahun. Mereka akan mendapatkan sejumlah modul, mulai soal ujian, modul penyelesaian, sampai profil setiap PTN terbaik di Indonesia.

Lebih kanjut, Sukur mengatakan tujuan dari kegiatan itu untuk memberikan pemahaman para siswa/siswi dalam menentukan universitas unggulan, misalnya daya tampung dan grade universitas.

Selain itu, lanjut dia, uji coba juga untuk mempersiapkan mental dan psikologi para siswa pada saat menghadapi SBMPTN kerena suasananya sama dengan suasana pada saat SBMPTN nanti.

“Para siswa/siswi juga diajari cara pengisian data-data pribadi dan pengisian lembar jawaban pada saat SBMPTN nanti. Karena banyak siswa melakukan kesalahan pada saat mengisi data-data dan lembar jawaban,” kata dia.

Tak hanya itu, kata Sukur, uji coba itu akan menjadi alat ukur para siswa mengenai kemampuan dan tujuan perguruan tinggi.

Sebelumnya, DPP PDIP bidang Pemuda dan Olahraga telah menyelenggarakan Program Try Out Nasional secara serentak di seluruh Indonesia pada 2016. Kegiatan itu diikuti sekitar 300.000 pelajar yang dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri pada 21 Mei 2016 di GOR Ciracas Jakarta Timur.

“Try Out SBMPTN 2016 juga mendapat rekor Muri dengan kategori peserta terbanyak yang dilakukan serentak se-Indonesia,” kata Sukur.

Share this: