Seleksi Kualitas, KY Loloskan 23 Calon Hakim Agung

Share this:
Ilustrasi seleksi calon hakim agung.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Sebanyak 23 calon hakim agung dari 69 peserta lolos dalam seleksi kualitas yang diadakan Komisi Yudisial (KY).

Calon hakim yang lolos terdiri dari enam orang di kamar agama, tujuh orang di kamar perdata, tujuh orang di kamar pidana, tiga orang di kamar militer. Tidak ada satu pun calon yang lolos di kamar tata usaha negara.

Juru bicara KY Farid Wajdi mengatakan dalam seleksi kualitas, KY menilai karya profesi masing-masing peserta yang identitasnya telah disamarkan terlebih dahulu.

Para calon hakim juga diuji melalui studi kasus Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), hasil karya tulis di tempat, serta penyelesaian studi kasus hukum dan tes objektif.

“Kemudian nilai dari masing-masing tes itu dikumulasikan. Peserta yang nilainya memenuhi batas nilai minimum, maka dinyatakan lulus seleksi kualitas,” ujar Farid melalui keterangan tertulis, Rabu (28/2/2018).

Calon hakim yang lolos seleksi akan melanjutkan tahapan berikutnya yakni tes kesehatan dan kepribadian.
Farid menuturkan tes kesehatan akan dilaksanakan pada 2 hingga 3 April mendatang di RSPAD Gatot Subroto.

Sementara tes kepribadian dilaksanakan pada 4 hingga 5 April 2018.

“Materi yang diujikan pada seleksi kepribadian meliputi assessment kompetensi dan kepribadian, rekam jejak, dan masukan dari masyarakat,” katanya.

Untuk menelusuri rekam jejak para calon, lanjut Farid, KY bekerja sama dengan KPK dan PPATK terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) serta aliran dana yang tidak wajar.

“Untuk itu kami harap partisipasi dari masyarakat agar memberi informasi atau pendapat secara tertulis tentang integritas, kapasitas, perilaku, dan karakter yang dinyatakan lolos seleksi kualitas,” tuturnya.

Sebelumnya, dalam proses seleksi tahun 2017 DPR meloloskan lima calon hakim agung yang diajukan KY yakni hakim agung perdata Muhammad Yunus Wahab, hakim agung agama Yasardin, hakim agung pidana Gazalba Saleh, hakim agung militer Kolonel (Chk) Hidayat Manao, dan hakim agung tata usaha negara Yodi Martono Wahyunadi.

Seleksi kembali dibuka tahun ini karena MA masih kekurangan jumlah hakim agung. Nama para calon hakim agung yang lolos seleksi ini dapat diakses di laman daring www.komisiyudisial.go.id.

Share this: