Hari Ini, 14 Juta Warga Malaysia Gunakan Hak Pilih di Pemilu ke-14

Share this:
Warga Malaysia sedang menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum ke-14 sepanjang sejarah negara itu.

MALAYSIA, BENTENGTIMES.com – Hari ini, Rabu (9/5/2018) menjadi hari besar bagi Malaysia. Negeri Jiran itu menggelar pemilihan umum ke-14.

Belasan juta warga Malaysia memilih di 8.253 TPS yang disediakan dalam pemilu ini. TPS di seluruh penjuru Malaysia akan dibuka sejak pukul 08.00 waktu setempat.

Sebanyak 14.449.200 dari 14.940.624 warga akan menggunakan hak pilihnya di Malaysia. Sisanya adalah pemegang hak pilih yang berada di luar negeri.

Malaysia memakai sistem first-past-the-post seperti yang diterapkan di Inggris dalam pemilu. Di bawah sistem ini, setiap distrik menetapkan anggota parlemen dengan suara terbanyak. Pemenang akan langsung menggugurkan kandidat lainnya, tidak peduli jumlah selisih suara mereka, atau yang dikenal sebagai winner takes all.

Hampir 15 juta warga akan memilih pada 9.000 tempat pemungutan suara (TPS) di Malaysia. TPS akan dibuka pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Komisi Pemilihan Umum Malaysia berharap pemilih mencapai 85 persen.

Ada 222 kursi parlemen federal dan 505 kursi di 12 dari 13 dewan negara bagian. Satu negara bagian telah menggelar pemilu dini dengan kemenangan Koalisi pemerintah Barisan Nasional (BN).

Hasil penghitungan suara berangsur diumumkan mulai pukul 9 malam dan pemenangnya diharapkan diketahui di hari itu juga.

Share this: