Sumut Bakal Punya Kota Baru, Namanya ‘Kota Deli’

Share this:
BMG
Gubsu Edy Rahmayadi saat berbicara pada Acara Persemian Rumah Tahfiz Al Firdausi Qasimi As Suadi, di Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Kamis (23/6/2022).

DELI SERDANG, BENTENGTIMES.com– Sumatera Utara bakal memiliki kota baru. Lokasinya berada di wilayah Kabupaten Deli Serdang. Nama dari kota baru itu, Kota Deli.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dalam Acara Peresmian Rumah Tahfiz bernama Al Firdausi Qasimi As Suadi, bertempat di Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (23/6/2022).

Edy menyebutkan, kota baru itu bersebelahan dengan Kota Medan, memiliki luas 8.000 hektare (ha).

Semula kata Edy, wilayah seluas 8000 hektare itu hendak dimasukkan ke Kota Medan. Namun mendapat penolakan dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

“Saat itu mau dimasukkan dengan Kota Medan, tapi wakil bupati tidak berkehendak karena ini tanah Deli Serdang,” ujar Edy.

BacaTapanuli dan Nias Layak Mekar, Ada Potensi PAD yang Besar di Sana

BacaSudah Ada RUU-nya, Indonesia Bakal Punya 3 Provinsi Baru, Termasuk Provinsi Tapanuli?

Meski demikian, mantan Pangkostrad itu tidak menjelaskan secara rinci gambaran kota baru yang disebut Kota Deli itu. Dia hanya menyampaikan jika kota baru itu memiliki potensi luar biasa.

“Saya sudah lihat grand design-nya. Cukup menjadikan kota inspirasi modern ke depan,” ungkap Edy.

BacaDua Hal Ingin Disaksikan Uskup Anicetus Bongsu Sinaga sebelum Meninggal Dunia

BacaKetua DPD RI Laporkan 4 Wilayah Layak jadi Provinsi Baru: Termasuk Protap?

Sekadar diketahui bahwa acara Peresmian Rumah Tahfiz bernama Al Firdausi Qasimi As Suadi itu sendiri dilakukan oleh Ketua Mahkamah Agung RI Syarifuddin. Hadir dalam acara itu Kapolda Sumut, Wakapolda Sumut, dan sejumlah pejabat di Mahkamah Agung.

Share this: