Perontok Padi Manual Dibuat di Boangmanalu Pakpak Bharat, Sederhana dan Praktis, Hasilnya..

Share this:
PETRO CITRA CIBRO/BMG
Para petani di Mborgang, Desa Boangmanalu, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat, saat menggunakan alat perontok padi manual, Sabtu (21/8/2021).

PAKPAK BHARAT, BENTENGTIMES.com– Bagi anda petani yang masih menggunakan murni tenaga manusia untuk merontokkan padi, boleh belajar ke Rasman Boangmanalu. Petani yang berasal dari Mborgang, Desa Boangmanalu, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat, ini telah menemukan perontok padi manual.

Alat ini sederhana dan praktis. Sehingga dapat digunakan oleh siapa saja dan di mana saja.

Rasman Boangmanalu kepada BENTENG TIMES, menuturkan, ide membuat alat perontok padi manual ini bermula ketika melihat para petani di desanya masih mengandalkan seluruhnya tenaga manusia untuk merontokkan bulir dari tangkai padi. Sementara, desanya salahsatu sentra produksi padi.

“Di kampung kami ini rata-rata penghasilan petani itu dari padi. Ada padi darat dan sawah,” ujar Rasman, ketika ditemui di sela-sela merontokkan padi di hamparan sawah Dusun Mborgang, Sabtu (21/8/2021).

BacaSolidaritas di Tengah Pandemi, Mereka Para Pemimpin Negara Rela Gaji Dipangkas

BacaDikelola Perusahaan Miliknya, RHS Panen Padi Hingga 11 Ton per Hektar

Rasman mengungkapkan, dengan alat perontok padi manual miliknya, maka dapat menghemat tenaga kerja. Tak hanya itu, jika untuk merontokkan hasil panen per satu hektare padi butuh 2 sampai 4 hari, dengan alat perontok miliknya dapat diselesaikan dalam tempo satu hari.

“Alat ini sudah diuji coba di sawah dan sudah terbukti, kerjanya cepat dan tepat. Petani sangat terbantu dengan adanya alat ini,” kata Rasman.

Halaman Selanjutnya..

Bahan Alat Perontok Padi, Simak Penjelasan Rasman

Share this: