Perjalanan Karir Politik Eliakim Simanjuntak, dari Staf Khusus jadi Ketua DPRD Siantar

Share this:
BMG
Eliakim Simanjuntak semasa hidup. Politisi Demokrat ini pernah mencapai puncak karir politik sebagai Ketua DPRD Siantar.

Sebanyak 19 Anggota DPRD Siantar menandatangani mosi tak percaya terhadap Eliakim. Hingga akhirnya, pada 6 Oktober 2017, Eliakim turun tahta.

Posisi politisi berkepala plontos itu digantikan Marulitua Hutapea, koleganya di Demokrat. Sejak lengser dari posisi Ketua DPRD, Eliakim pun menghabiskan sisa jabatannya di DPRD sebagai anggota biasa.

Selanjutnya, di Pemilu 2019, Eliakim kembali mencoba peruntungannya. Namun sayang, Eliakim tak terpilih lagi. Dia kalah dari calon legislatif lainnya dari Demokrat.

Sejak itu, tak hanya karir politiknya yang kandas, Eliakim juga terjerat kasus hukum. Dia tertangkap tangan bersama mantan Anggota DPRD Siantar lainnya Rudolf Hutabarat, pada 7 Mei 2020. Keduanya terseret kasus perjudian jenis toto gelap (togel).

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Eliakim kemudian ditahan di rumah tahanan polisi (RTP) Mapolsek Siantar Timur. Dia dititipkan di sana karena Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematang Siantar tidak menambah tahanan di masa pandemi covid-19.

BacaJalani Sidang Perdana Perkara Judi, Mantan Ketua DPRD Siantar Tampil Pakai Masker

BacaEliakim Simanjuntak ke Hakim: Saya Sudah Pernah Dihukum, Tahun 2011

Sebelum akhir hayatnya, Eliakim masih sempat menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Pematang Siantar.

Hingga akhirnya, penyakitnya yang sudah komplikasi kambuh hingga akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih, Rabu (9/9/2020) dini hari.

Selamat jalan, Eliakim Simanjuntak.

Share this: