Prioritas Pembangunan Nias 2020, Pembangunan Jalan 30 Desa Terisolir Hingga Stunting

Share this:
ADI LAOLI-BMG
Bupati Nias Sokhiatulo Laoli memukul gong saat membuka Acara Musrenbang tingkat Kabupaten Nias tahun 2019, bertempat di Kantor Bupati Nias, Jalan Pelud Binaka, Rabu (13/3/2019).

Sedangkan prioritas untuk Bidang Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan di antaranya : peningkatan kualitas komoditas unggulan daerah, penumbuhan serta pemberdayaan usaha mikro, pembangunan dan fungsionalisasi pasar tradisional, peningkatan sarana dan prasarana perikanan tangkap dan budidaya. Selanjutnya, sinergitas program bantuan sosial lintas Perangkat Daerah (Bantuan Pangan Rastra serta Program Keluarga Harapan), lanjutan pembangunan rumah tidak layak huni dan penurunan angka pengangguran serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun desa terutama melalui program inovasi desa.

Sementara, Bidang Pemerintahan dan Aparatur, yang menjadi prioritas adalah pencapaian target opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD), penyusunan dokumen LKPJ akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Nias Tahun 2016-2021, penguatan pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan desa. Lalu, optimalisasi pemanfaatan aplikasi pelayanan perizinan dan administrasi kependudukan serta Penyusunan regulasi Standar Pelayanan Minimal sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018.

“Forum Musrenbang ini memiliki arti yang strategis karena dalam forum ini kita semua akan bersama-sama menyumbangkan pemikiran untuk memberikan masukan tentang program dan kegiatan pembangunan prioritas yang akan kita laksanakan dalam satu tahun yang akan datang. Kita berharap semoga melalui forum ini akan diperoleh masukan-masukan yang cerdas dan konstruktif bagi pembangunan Kabupaten Nias,” ujar bupati.

BacaPolres Nias Dinilai Lamban Tangani Kasus Dugaan Proyek Fiktif di Nias

Sebagai narasumber pada kegiatan itu, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara Sirojuzilam Hasyim Ahmad. Turut hadir Ketua DPRD Nias Yaredi Laoli, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, Sekda F Yanus Larosa, Kepala Bappeda Nias, mewakili Kapolres Nias, mewakili Kajari Gunungsitoli, dan suluruh kepala OPD Kabupaten Nias.

Share this: