Wow! Lewat Operasi Caesar, Anjing Lahirkan 18 Ekor Anak

Share this:
kompas
Dokter hewan Aaron Raney (tengah) dan stafnya bersama dengan 18 ekor anak anjing yang dilahirkan lewat operasi sesar dari induknya bernama Sassy.

AUSTRALIA, BENTENGTIMES.com – Sebuah klinik hewan di Australia dikejutkan dengan kelahiran 18 anak anjing pada pekan ini. Jumlah yang sangat banyak keluar dari satu ekor induk.

Staff di Klinik Hewan West Coast, Forrestdale, Australian membantu kelahiran anak dari anjing jenis Doberman bernama Sassy yang berusia empat tahun.

Dokter hewan Aaron Raney memimpin sebuah tim yeng terdiri dari 10 orang untuk melakukan operasi ke Sassy secara caesar yang berlangsung selama 90 menit.

“Pemiliknya datang ke klinik dan mengatakan kepada kami, anjingnya akan melahirkan 16 ekor anak, dan apakah kami siap untuk membantunya,” kata Raney.

“Saya berpikir mungkin ada 10 atau 12 anak, tapi mereka terus ada. Saya berhenti menghitung pada angka ke-12 karena berkonsentrasi untuk mengeluarkan semuanya, sampai suara tangisan anak anjing tidak berhenti,” ucapnya.

Menurutnya, prosedur operasi caesar pada anjing betina dengan kelahiran 18 ekor anak belum pernah terjadi sebelumnya, selama 8 tahun karirnya sebagai dokter hewan.

Raney biasanya membuat satu sayatan dalam setiap operasi caesar pada anjing. Tapi kali ini, dia harus membuat empat sayatan untuk mengeluarkan semua anak-anak anjing tersebut.

“Dia (Sassy) melakukannya dengan sangat baik. Beberapa anjing memang merasa tertekan dan tidak bernapas. Tapi begitu kami memberikan oksigen, mereka semakin membaik,” ujarnya.

Tahun lalu, anjing Dalmatian di Victoria, Australia, juga berhasil melahirkan anak sebanyak 18 ekor.

Setelah berjuang selama 13 jam, anjing bernama Miley ini dinobatkan sebagai pemegang rekor melahirkan terbanyak.

Share this: