7 Ruko Roboh, Sebelumnya Ada Bunyi Mengetok

Share this:
Puing-puing bangunan 7 ruko yang roboh.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Sebanyak tujuh rumah toko (ruko) di Desa Tandam Hulu II, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, roboh pada Jumat (25/8/2023). Hingga saat ini masih belum diketahui apa penyebabnya dan polisi masih menyelidiki hal tersebut.

Seorang penjaga toko pakaian bernama Parida mengungkapkan bahwa dirinya sempat mendengar ada suara seperti ketokan pada dinding sebelum tujuh ruko tersebut roboh. Adapun ruko itu roboh pada Jumat (25/8/2023) sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu dia sedang berjualan di toko yang juga merupakan tempat tinggal adiknya.

Baca: Puluhan Rumah di Medan Rusak Akibat Puting Beliung

Baca: Program Padat Karya Tunai di Desa Lingga Karo Tidak Tepat Sasaran, Penghuni Rumah Reot di-PHP

“Sebelah (ruko tempat saya bekerja) lagi renovasi, lagi diperbaiki. Ada (terdengar) nokok-nokok (ketok-ketok), enggak tahu lah (itu suara apa),” kata Parida. Namun Parida tidak bisa memastikan penyebab robohnya tujuh ruko tersebut. “Saya memang di rumah itu, awalnya memang enggak tahu kali penyebabnya saya enggak tahu kali,” ujar Parida.

Parida saat itu hanya sendiri di ruko tersebut. Sementara 6 ruko lainnya sudah lama tidak berpenghuni. Kemudian tiba-tiba, dia diberi tahu oleh penjual pakan ayam di dekat ruko. Sang penjual pakan mengira telah terjadi gempa. “(Tiba-tiba) yang punya rumah tukang makanan ayam (mengatakan) eh gempa-gempa, katanya gitu,” ujar Parida

Tanpa pikir panjang, Parida berlari ke luar ruko. Beruntung, dia tidak sempat tertimpa reruntuhan material bangunan. “Terus saya langsung lari, lari ke tengah (jalan), nggak tau ada mobil entah ada apa, saya enggak tahu, tahu-tahu mata saya udah penuh abu, udah gelap,” ujarnya.

Kasi Humas Polres Binjai Iptu Riswansyah saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya menyelidiki penyebab robohnya ruko tersebut. “Penyebabnya masih dalam proses penyelidikan,” kata Riswansyah, Minggu (27/8/2023), dilansir dari Kompas.com.

Baca: Massa GMKI Robohkan Pagar DPRDSU, Polisi Akui Ada Miskomunikasi

Baca: Kebakaran Hebat di Medan Area, Lima Ruko Ludes, Satu Orang Meninggal

Soal adanya banguna direnovasi saat gedung roboh, Riswanyah mengaku belum mengetahuinya. “Infonya belum saya dengar, saksi sudah kita periksa penyebab penyebabnya masih diselidiki,” ujar Riswansyah.
Sebelumnya, viral beredar video yang menunjukkan ruko berdempetan tiba-tiba ambruk. Dilihat dari akun instagram @tkpmedan, debu bangunan juga terlihat membubung tinggi. Warga lalu datang mengerumuni tempat itu untuk memastikan apakah di dalam ruko ada orang atau tidak.

Share this: