Registrasi SIM Card Dibatasi, Pedagang Pulsa Demo ke Istana, Ini Hasil Kesepakatannya

Share this:
kumparan.com
Demo pedagang pulsa di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (2/4/2018).

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Massa dari Komunitas Niaga Cellular Indonesia (KNCI) menggelar aksi unjuk rasa di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (2/4/2018).

Mereka memprotes kebijakan Menkominfo yang membatasi registrasi SIM card, dimana 1 NIK maksimal hanya untuk 3 SIM card.

Saat penyampaian tuntutan, disepakati bahwa lima perwakilan KNCI bertemu dengan pihak Kominfo dan Kemensesneg di Kompleks Istana Kepresidenan.

Ketua KNCI Qutni Syariah mengklaim, dalam pertemuan itu disepakati pedagang pulsa memiliki wewenang mengaktifkan SIM card untuk keempat, kelima dan seterusnya.

Kata dia, pelanggan yang ingin mengaktifkan SIM card harus melalui pedagang pulsa atau gerai provider menggunakan NIK atau KK masing-masing.

Namun, kebijakan 1 NIK untuk maksimal 3 SIM card tetap berlaku untuk masyarakat umum. Artinya, Qutni mengklaim, masyarakat tidak bisa melakukan aktifitasi SIM card lebih dari tiga kali secara mandiri.

“Kementerian Sekretariat Negara pun akan memantau perkembangan peraturan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi ini,” kata Qutni saat membacakan kesepakatan itu untuk massa KNCI di depan Istana Merdeka.

Kebijakan Kominfo 1 NIK untuk 3 SIM card ini sebelumnya disebut menyulitkan pedagang pulsa yang ingin menjajakan SIM card khusus paket data.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, Ahmad Basuki dan Renggi dari KNCI Jakarta Timur pun mengaku puas. Ia berharap keputusan tersebut bisa benar-benar memberi wewenang pedagang pulsa bisa meregistrasi SIM card seperti gerai provider.

“Kalau seandainya benar sih puas banget. Ya lihat aja, semoga bukan tipu-tipu,” kata Ahmad.

Usai hasil pertemuan tersebut dibacakan, massa demo KNCI langsung membubarkan diri. Mereka mulai meninggalkan lokasi sekitar pukul 18.16 WIB.

Share this: