Djarot Dijamu Makan Siang oleh Keluarga Kesultanan Deli di Istana Maimun

Share this:
ARIS-BENTENGTIMES.com
Tengku Mohar, guide sekaligus keluarga Kesultanan Deli menjelaskan kepada H Djarot sejarah singkat dan profil para pemangku Kesultanan Deli, dalam kunjungan Djarot ke Istana Maimun, Rabu (18/4/2018).

MEDAN, BENTENGTIMES.com – H Djarot Saiful Hidayat mendapat kesempatan jamuan makan siang bersama keluarga besar Kesultanan Deli di Istana Maimun, Kota Medan, Rabu (18/4/2018). Dari sederet menu makanan yang disajikan, H Djarot paling berkesan dengan nasi tomat khas Melayu.

“Nasi tomatnya enak sekali,” ujar H Djarot Saiful Hidaya, kepada Tengku Syah Muhammad Parunggit, anak Raja Muda, yang duduk semeja dengannya. Suasana jamuan makan siang bersama keluarga besar Kesultanan Deli tampak cair dan penuh akrab.

Tengku Musyafika Fauzirah menjelaskan bahwa nasi tomat khas Melayu yang disajikan kepada H Djarot adalah masakan dari keluarga kesultanan. “Kami memasaknya untuk jamuan makan siang bersama Pak Djarot,” pungkasnya.

H Djarot Saiful Hidayat dijamu makan siang oleh keluarga Kesultanan Deli di Istana Maimun, Rabu (18/4/2018).

Sekilas tentang nasi tomat, Tengku Musyafika Fauzirah menjelaskan cara memasaknya berbeda dengan nasi biasa. Namanya nasi tomat, dimasak dengan buah tomat.

Tapi, masih kata Musyafika, tumisannya banyak, ada jahe, pake serai, kapulaga, bunga lawang, bawang merah, bawang putih, bawang bombai. Kemudian diaron pakai kukus.

“Lalu, tambahan kismis dan bawang goreng biar wangi dan lezat,” pungkas Musyafika, yang juga menjabat Sekretaris Pembina Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid.

Hadir dalam acara jamuan makan siang tersebut para Pengurus Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid, seperti Sekretaris Yayasan Tengku Muchriyad, Pengawas Yayasan Tengku Moh Reza, Wakil Ketua Yayasan Tengku Syah Muhammad Parunggit dan Wakil Ketua Yayasan Tengku Ma’moen.

H Djarot Saiful Hidayat berbincang usai menikmati makan siang oleh jamuan keluarga Kesultanan Deli di Istana Maimun, Rabu (18/4/2018).

Amatan BENTENGTIMES.com, sebelum jamuan makan siang, calon Gubernur Sumatera Utara Nomor Urut 2 ini terlebih dulu diajak melihat-lihat peninggalan kesultanan Deli yang ada di Istana Maimun.

Tengku Mohar, keluarga Kesultanan Deli yang sekaligus menjadi guide bagi H Djarot juga menjelaskan sejarah singkat dan profil para pemangku Kesultanan Deli.

H Djarot tampak terkagum-kagum melihat keindahan Istana Maimun, yang beralamat di Jalan Brigjen Katamso, Medan itu.

Menurut calon gubernur yang berpasangan dengan calon Wakil Gubernur Sihar Sitorus ini, Istana Maimun bukan hanya ikon utama bagi Kota Medan, tapi juga ikon bagi Provinsi Sumatera Utara.

“Istana Maimun luar biasa,” kata H Djarot yang saat itu datang mengenakan peci hitam kesukaannya.

Share this: