Pesta Makan Bajamba Meriahkan HPN 2018

Share this:
Pesta Makan Bajamba memeriahkan HPN di Sumbar.

“Makan Bajamba merupakan sebuah prosesi makan tradisional. Makan kebesaran dari prosesi adat untuk acara-acara penting. Maka dari itu kita hadirkan untuk memeriahkan HPN. Proses makannya adalah makan bersama dengan hidangan makanan tradisional Minangkabau,” terang Nasrul.

Dalam prosesi tersebut, ada satu orang yang bertugas sebagai janang atau orang yang ditunjuk tuan rumah untuk menemani tamu. Bukan hanya ikut makan, orang tersebut juga bertugas untuk menambah nasi atau lauk pauk.

“Nqaasi dan lauk pauk ini disajikan dalam satu nampan besar yang disebut talam. Untuk hidangan tidak usah ragu, Minangkabau itu rajanya masakan tradisional,” ujarnya.

Dalam Makan Bajamba banyak aturan yang harus dipatuhi. Tujuannya agar tidak ada yang saling mengganggu. Orang yang lebih tua juga harus didahulukan untuk menyuap nasi. Tidak hanya itu, setiap orang hanya boleh mengambil nasi yang berada di depannya saja. Nasi pun harus dihabiskan.

Yang menarik adalah proses makannya, dimana tangan tidak boleh masuk ke mulut. Nasi yang akan dimakan harus dilontarkan ke mulut. Biasanya, tangan kiri berada di bawah tangan kanan agar bisa menampung nasi yang berjatuhan. Mereka yang sudah selesai makan tidak boleh langsung mencuci tangan, melainkan harus menunggu yang lainnya selesai makan.

Share this: