Pelantikan DPC Koswari Kabupaten Karo: Silahkan Mengkritik, Namun Berikan Solusi

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Pelantikan DPC Koswari Kabupaten Karo Periode 2019-2024, Jumat (22/11/2019) di Hotel Green Garden Berastagi.

KARO, BENTENGTIMES.com – Dewan Pimpinan Cabang Korps Senior Wartawan Republik Indonesia (Koswari) Kabupaten Karo Periode 2019-2024 resmi dilantik oleh Ketua DPD Koswari Sumut Ir Husni Husin MS yang disaksikan DPP Koswari Prof Drs Dj Siahaan serta pelindung Forkopimda Karo dan penasehat Koswari, Jumat (22/11/2019) di Hotel Green Garden Berastagi.

DPC Koswari tersebut beranggotakan 43 orang yang tergabung dari media elektonik, cetak dan online serta penasehat sebanyak 8 orang.

BACA: Persadan Jurnalis, Bupati dan Komitmen Memajukan Pembangunan di Karo

Sebelum pelantikan, acara dibuka Ketua Panitia Solideo Sembiring. Solideo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan moral maupun materi.

“Kami panitia pelantikan sudah memberi yang terbaik. Namun kami masih banyak kekurangan. Kami berharap ke depan Koswari mampu lebih solid dan menjadi wartawan yang profesional dengan memahami kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Adapun susunan pengurus DPC Koswari Kabupaten Karo, yaitu Ketua Gembira Ginting, Sekretaris Pelita Monald Ginting SPd dan Bendahara Drs Tambar Sembiring SH.

Ketua DPD Koswari Sumut Ir Husni Husin MS menekankan agar wartawan di Karo, khususnya yang tergabung dalam wadah Koswari, tetap menjadi wartawan yang profesional. Menurutnya, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, wartawan wajib berpegang pada UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

BACA: Koswari Siap Bersinergi dengan Polisi Cegah Penyebaran Berita Hoax

“Wartawan memiliki fungsi sebagai kontrol sosial. Wartawan dapat melakukan kritik namun harus bersifat konstruktif. Di samping itu, wartawan dan pemerintah merupakan mitra. Silahkan mengkritik, namun berikan solusi. Kritik yang membangun akan meningkatkan kemajuan daerah,” jelas Husni.

Ia juga menekankan, wartawan wajib memahami dan mematuhi 11 kode etik jurnalistik, agar bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, yakni mencari dan menyajikan informasi.

“Kode etik ini sebagai landasan moral. Wartawan wajib tahu kode etik. Salah satunya berisi, wartawan Indonesia harus bersikap independen,” tegasnya.

Ketua DPC Koswari Karo Gembira Ginting didampingi Sekretaris dan Bendahara menyampaikan bahwa Koswari sebagai kumpulan wartawan dari berbagai media massa, hadir di Karo guna bersinergi serta menjadi kontrol sosial masyarakat dan pemerintah.

“Jangan hanya mengandalkan kartu pers untuk menakut-nakuti pejabat dan masyarakat. Sudah tidak zamannya, karena kita adalah mitra eksekutif, legislatif dan yudikatif serta masyarakat. Sebagai pilar keempat demokrasi, ke depan Koswari dituntut untuk lebih profesional dan berimbang,” tegas Gembira.

Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan pengurus DPC Koswari Karo. Ia meminta agar pengurus melaksanakan program kerja dengan baik serta penuh tanggung jawab.

“Tingkatkan kapasitas kelembagaan organisasi serta profesionalisme. Wartawan wajib melaksanakan fungsi hak dan kewajiban serta perannya sebagai jurnalis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai jurnalis, tentu ada hak dan kewajiban yang dilaksanakan dalam menjalankan tugas,” pungkas Cory.

BACA: Wartawan di Karo Diserang OTK Pakai Klewang

Sementara, Penasehat DPC Koswari Karo Drs Joy Harlim Sinuhaji didampingi Rivalino Bukit SH dan Makmur Jaya Sembiring menyampaikan agar para wartawan di Karo harus kerja keras untuk meningkatkan kualitasnya. Hal ini untuk menyikapi proses revolusi industri 4.0 yang sedang berlangsung dengan sangat cepat.

“Karena saat sekarang ini dunia dan aktivitas jurnalistik sudah sangat didominasi oleh dunia digitalisme,” ujarnya.

Share this: