Program PAM SIMAS III Rp350 Juta Sia-sia, Warga Desa Lingga Muda Tak Bisa Nikmati Air Bersih

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Plang proyek Program PAM SIMAS III untuk pengadaan air bersih.

KARO, BENTENGTIMES.com – Program PAM SIMAS III tahun 2017 di Desa Lingga Muda, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo sampai saat ini tidak pernah menikmati setetes air pun dari pengerjaan proyek tersebut. Sumur bor dan tabung air yang dibangun hanya sebagai pajangan di desa mereka.

Sumber dana PAM SIMAS sebesar Rp350 juta dengan rincian dari APBN Rp245.000.000, APBDes Rp35 juta, kontribusi dari masyarakat untuk dana Inkes Rp14 juta (dikutip Rp90 ribu per KK) dan Inkind oleh masyarakat Rp56 juta.

BACA: Aksi Premanisme di Kabanjahe, Proyek Pemerintah Dirusak, Pekerja Diteror

Menurut keterangan warga, proyek PAMSIMAS III ini mulai pembangunan pada tahun 2017 ini selesai sekitar akhir tahun 2017. Namun setelah pengerjaan selesai, jangankan untuk warga, air sampai ke tabung penampungan saja pun tak pernah jalan.

“Proyek tersebut sampai saat ini yang sudah berlangsung sekitar 2 tahun lamanya bisa dibilang proyek mangkrak dan belum pernah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar warga.

Dan menurut keterangan warga desa, proyek ini sudah mati suri dan tidak akan ada gunanya bila tidak dicari jalan keluar.

BACA: Teror Ancam Bunuh, di Balik Terungkapnya Dugaan Korupsi Proyek Tugu Mejuah-Juah

“Sayang sekali dana sebesar itu terbuang begitu saja. Kami sebenarnya sudah sangat mengeluh dan sudah sempat protes. Tapi hingga saat ini begitu-begitu saja. Pihak PAM SIMAS tampaknya tidak punya solusi untuk menyelesaikan proyek ini,” kata warga lainnya.

 

Program PAM SIMAS III untuk pengadaan air bersih di Desa Lingga yang terbengkalai.

Share this: