Mengenal Irjen Pol Martuani Sormin, Kapolda Baru Sumut, Putra Tapanuli Utara

Share this:
BMG
Irjen Pol Martuani Sormin saat menjabat Kapolda Papua, foto bersama dengan polisi cilik anak-anak Papua.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Kapolri Jenderal Idham Azis telah menunjuk Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Martuani Sormin sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut) yang baru. Irjen Pol Martuani Sormin akan menggantikan Irjen Pol Agus Andrianto yang akan dimutasi sebagai Kabaharkam Polri.

Mutasi itu termuat dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri, Nomor ST/3229/XII/KEP./2019, tertanggal Jumat, 6 Desember 2019. Telegram Rahasia itu pun telah dibenarkan oleh Karo Penmas Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono.

“Benar, sebagai penyegaran dalam organisasi,” ucap Argo, Jumat (6/12/2019).

Untuk diketahui, Irjen Pol Martuani Sormin sebelumnya merupakan Asops Kapolri.

Aksi Nekat Baku Tembak dengan Teroris saat Tragedi Bom Sarinah

Sosok Irjen Martuani Sormin Siregar sebenarnya tak asing lagi di tanah air. Jenderal bintang dua itu sempat populer saat tragedi bom Sarinah, Jakarta Pusat, pada Kamis 14 Januari 2016, lalu.

Saat itu, Irjen Martuani Sormin Siregar masih berpangkat Kombes (Komisaris Besar). Dia menjadi perbincangan karena aksi nekatnya saat terlibat baku tembak dengan teroris. Saat itu, Martuani Sormin Siregar sama sekali tidak menggunakan rompi.

BacaKapolda Sumut Dimutasi, Agus ke Mabes, Penggantinya Martuani Sormin

BacaIni 6 Kapolda Baru yang Dilantik Kapolri

Satu perwira lain yang ada di lokasi, adalah AKBP Untung Sangaji. Dalam tragedi ini ada tujuh orang tewas. Empat orang adalah pelaku, sementara korban ada tiga orang merupakan warga sipil.

Sempat Digadang-gadang Jadi Pjs Gubernur Sumut

Selain populer karena aksi nekat saat terlibat baku tembak dengan teroris, sosok Irjen Martuani Sormin Siregar juga sempat beredar sebagai pejabat sementara Gubernur Sumatera Utara karena jabatan Tengku Erry telah habis.

Share this: