Kapolda Sumut Dimutasi, Agus ke Mabes, Penggantinya Martuani Sormin

Share this:
BMG
Irjen Pol Agus Andrianto didampingi Bupati JR Saragih, saat menghadiri Toba Lake Fiesta 2019 di Parapat, Kabupaten Simalungun, belum lama ini.

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz mengeluarkan mutasi terbaru. Salah satunya pergantian Kapolda Sumatera Utara (Sumut). Mutasi itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/3229/XII/KEP/2019, tertanggal 6 Desember 2019.

Kapolda Sumut yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Agus Andrianto, akan berganti ke Irjen Pol Martuani Sormin.

Sebelumnya, Martuani menjabat sebagai Asisten Operasional (Asops) Kapolri.

Agus kemudian dipromosikan dalam jabatan baru sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Firli Bahuri yang akan dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Untuk diketahui, mutasi ini merupakan yang kedua kalinya sejak kepemimpinan Polri di bawah Jenderal Pol Idham Azis. Dalam surat telegram Kapolri tersebut, selain Kapolda Sumut, sejumlah Kapolda di daerah lain juga mengalami pergantian.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak akan digantikan oleh Brigjen Pol Tornagogo Sihombing yang saat ini sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri. Sedangkan, Herry nanti akan ditugaskan sebagai Asops Kapolri.

BacaMantan Kapolda Sumut Dimutasi ke Papua

Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga mengalami pergantian. Jabatan Kapolda yang saat Ini dipegang oleh Irjen Pol Ahmad Dofiri, nantinya akan diserahkan Irjen Pol Asep Suhendar. Dofiri akan bertukar posisi dengam Asep menjadi Aslog Kapolri.

Lalu, Kapolda Sumatera Barat akan diisi Irjen Pol Toni Harmanto menggantikan Irjen Pol Fakhrizal yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Kemudian, Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto akan diganti oleh Brigjen Pol Syafril Nursal. Lukman akan dimutasi ke posisi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

BacaPutra Sulung Mantan Kapolri Jadi Ajudan Jokowi

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono menyebutkan bahwa mutasi merupakan upaya untuk penyegaran organisasi. “Yang namanya mutasi merupakan kebutuhan organisasi dan penyegaran organisasi. Tentunya ada beberapa jabatan strategis yang dilakukan mutasi juga,” ujarnya di Mabes Polri, Jumat (6/12/2019).

Share this: