Ini 6 Kapolda Baru yang Dilantik Kapolri

Share this:
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara pelantikan dan sertijab 6 kapolda baru.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik dan melakukan serah terima jabatan (Sertijab) beberapa perwira tinggi (Pati) di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (20/8/2018).

Mereka yang dilantik adalah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) dan beberapa Kapolda, di antaranya Papua, Kepri dan Banten.

Pergantian jabatan Kepala Propam dan beberapa Kapolda tersebut berdasarkan Telegram Rahasia (TR) nomor ST/2015/VIII/KEP/2018 dan ST/2014/VIII/KEP/2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Surat TR tersebut berisi pergantian enam Kapolda, yaitu Kapolda Papua, Kapolda Banten, Kapolda Lampung, Kapolda Kepri, Kapolda Riau, Kapolda Sumatera Utara dan Kadiv Propam.

Pada saat prosesi sertijab, sejumlah pejabat Pati Polri itu langsung diambil sumpah jabatannya yang dipimpin Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dilanjutkan penandatanganan surat serah terima jabatan dan pakta integritas.

Berikut nama-nama yang menerima Sertijab Kapolda dan Kepala Propam Mabes Polri:

1. Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri, kini mengisi kursi yang ditinggalkan Irjen Boy Rafli Amar yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua, kini diangkat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

2. Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divisi Propam Polri, kini diangkat sebagai Kapolda Banten menggantikan Brigjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya menjabat Kapolda Banten, saat ini diangkat sebagai Kepala Divisi Propam Polri.

3. Kapolda Lampung Brigjen Pol Purwadi Arianto yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polda Metro Jaya diangkat sebagai Kapolda Lampung untuk menggantikan Irjen Suntana yang kini diangkat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

4. Kapolda Kepri saat ini dijabat Irjen Pol Andap Budhi Revianto menggantikan Irjen Didid Widjanardi yang kini diangkat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

5. Kapolda Riau Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polda Jatim, kini diangkat sebagai Kapolda Riau. Sementara Irjen Pol Nandang yang menjabat Kapolda Riau, kini ditugaskan di BIN.

6. Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpau yang menjabat Kapolda Sumatera Utara, kini ditugaskan di Lemhanas. Sementara, jabatan Kapolda Sumut akan diisi oleh Brigjen Pol Agus Andrianto.

7. Kadiv Propam Polri Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menggantikan Irjen Martuani Sormin, yang dilantik menjabat sebagai Kadiv Propam Polri, kini jadi Kapolda Papua.

Share this: