Hujan Disertai Angin Kencang Landa Kabanjahe, Pohon Tumbang Timpa Dua Mobil

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Pohon tumbang di Jalan Katepul, Kabanjahe, Sabtu (4/5/2109) sore.

KABANJAHE, BENTENGTIMES.com– Hujan deras disertai angin kencang melanda kota Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sabtu (4/5/2019) sore. Akibat cuaca buruk itu, pohon tumbang dan menimpa dua unit kendaraan; mobil Toyota Avanza dan pick up jenis Colt di Jalan Letnan Rata Peranginangin, Kelurahan Gung Leto, Kecamatan Kabanjahe.

Pohon tumbang juga mengenai kabel listrik sehingga listrik PLN sempat padam di sejumlah kawasan di Kabanjahe. Arus lalu lintas juga sempat macet total. Beruntung petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Karo segera turun ke lokasi guna memotong pohon yang tumbang. Warga sekitar juga ikut turun gotong royong membersihkan potongan kayu, sehingga arus lalu lintas normal kembali.

Pantauan BENTENG TIMES, adapun pohon tumbang terjadi di sejumlah titik, seperti; di Jalan Katepul dekat SD Inpres, Kelurahan Gung Negeri, Jalan Rata Peranginangin, dan Jalan Samura. Sementara hujan lebat masih mengguyur hingga pukul 20.13 WIB.

Selain pohon tumbang, banjir juga terjadi di sejumlah titik di kota Kabanjahe. Akibatnya, arus lalu lintas juga sempat terganggu.

BacaSampaikan Tuntutan, Ratusan Pengungsi Desa Berastepu Duduki Makam Pahlawan

Baca2019, Proyek Pelebaran Jalan Ruas Kabanjahe-Berastagi Dilanjutkan

Banjir terparah terjadi di Jalan Mariam Ginting, seputaran Simpang Enam Kabanjahe. Juga di Simpang Tiga, seputaran Masjid Agung dan wilayah Zentrum PPWG GBKP Kabanjahe. Banjir diakibatkan drainase tidak berfungsi sehingga air meluber ke jalan.

Terpisah, Lurah Gung Negeri Pinta Josua Purba menuturkan, tidak ada korban jiwa akibat cuaca buruk tersebut. Namun, hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan tiang listrik PLN dan tiang milik Telkom tertimpa pohon tumbang.

Pohon tumbang juga terdapat di Jalan Rata Peranginangin, Sabtu (4/5/2019).

Warga Minta Pohon Tua Dipangkas

Artya Aksara Brahmana (56), Tokoh Masyarakat Kabanjahe, berharap agar Dinas Kebersihan dan Pertamanan segera melakukan pemangkasan terhadap pohon tua yang ada di sepanjang jalan kota Kabanjahe. Ia meminta pemangkasan pohon tua diprioritaskan di sekitar permukiman padat penduduk.

“Saya kira itu semua pohon tua sebaiknya dipangkas supaya tidak membahayakan masyarakat,” ujar Tokoh Masyarakat yang bermukim di Jalan Lau Pinggan, Gang Cendana, Kelurahan Gung Negeri, ini.

BacaRespon Cepat Terkelin Mengatasi Parit Tumpat di Kecamatan Kabanjahe

BacaAksi Premanisme di Kabanjahe, Proyek Pemerintah Dirusak, Pekerja Diteror

Sementara, Ketua Pemuda Merga Silima (PMS) Beres Sembiring Brahmana justru menyarankan agar seluruh pohon tua di Kota Kabanjahe agar ditumbang, terutama kayu yang pohonnya sudah lapuk.

“Daripada membahayakan orang lain, sebaiknya pohon-pohon yang sudah tua agar dipotong,” tandas Beres Sembiring mengakhiri.

Share this: