Bill Gates Bukan yang Terkaya, 5 Orang Indonesia Masuk 500 Besar, Ini Daftarnya…

Share this:
Dua orang terkaya di dunia: Jeff Bezos dan Bill Gates.

BENTENGTIMES.com – Indeks Miliarder Bloomberg merilis daftar orang terkaya di dunia. Dan, percaturan orang kaya dunia belum banyak berubah, dimana pendiri Amazon Jeff Bezos masih memuncaki peringkat manusia terkaya di dunia, berada di atas pendiri Microsoft Bill Gates.

Bezos memang manusia fenomenal yang masih paling tajir di jagat raya ini. Total kekayaan Bezos hingga kemarin tercatat se besar USD132 miliar (Rp1.842 triliun). Kekayaan Bezos juga terakumulasi dari website ritel Zappos dan Audible yang menjadi platform untuk para vendor pihak ketiga dan menyediakan layanan kom putasi cloud. Sementara Amazon masih menjadi sumber kekayaan terbesarnya.

“Amazon membuku kan pendapatan USD233 mi liar pada 2018,” ungkap laporan Bloomberg.

BACA: Orang Terkaya di Inggris Siap Beli Chelsea dari Roman Abramovic

Jeff Bezos memiliki 16% saham di Amazon yang meru pakan peritel online terbesar di dunia. Dia juga memiliki perusahaan eksplorasi antariksa Blue Origin.

“Blue Origin bertujuan mengurangi biaya peluncuran, mem bawa jutaan orang bekerja di antariksa serta memin dahkan industri dan manufaktur keluar dari bumi,” ungkap Bloomberg.

“Saat ini Bezos menguasai saham Blue Origin dan tidak bermaksud menjualnya,” papar CEO perusahaan dana ventura Space Angels, Chad Anderson.

Pejabat Blue Origin juga menjelaskan bahwa Bezos telah berinvestasi di Blue Origin sebesar USD500 juta. Menurut Bezos, dia mendanai Blue Origin dari hasil penjualan sekitar USD1 mi liar saham Amazon.

“Sejak 2002, dia menjual saham Amazon sekitar USD7 miliar,” papar data Bloomberg. Bezos juga membayar USD250 juta untuk mengakuisisi Washington Post pada Agustus 2013.

BACA: Forbes Rilis Orang Terkaya: Hartono Bersaudara Masih Kokoh, Bill Gates ‘Lengser’

Posisi Bezos diikuti pendiri Microsoft Bill Gates dengan kekayaan USD95,9 miliar (Rp1.338 triliun). Selain memiliki perusahaan software terbesar di dunia, Gates juga menguasai 1% Redmond, perusahaan yang berbasis di Washington.

“Sisa kekayaannya dikelola Cascade Investment yang mengontrol saham-saham di puluhan per usahaan publik, termasuk Canadian National Railway, Deere, dan Ecolab,” papar Bloomberg.

Lalu chairman dan pemegang saham terbesar Berkshire Hathaway, Warren Buffett, di peringkat ketiga dengan kekayaan USD82,5 miliar (Rp1.152 triliun). Perusahaan Berkshire Hathaway selalu membukukan peningkatan nilai pasar 20,9% per tahun sejak 1953.

Perusahaan itu memiliki Geico, Clayton Homes, dan Dairy Queen serta saham di Coca-Cola dan American Express. Peringkat keempat ditempati Chairman LVMH Moet Hen nessy Louis Vuitton Bernard Arnault dengan kekayaan USD76,0 miliar.

Share this: