Mulai November, ASN Medan Wajib Pakai Produk UMKM

Share this:
Wali Kota Medan Bobby Nasution

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Pemerintah Kota (Pemkot Medan) saat ini tengah mendorong wacana untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar berpenampilan casual setiap Selasa pada November. Para ASN akan menggunakan hasil produk-produk UMKM Kota Medan yang telah masuk dalam marketplace yang telah disiapkan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, kebijakan ini dilakukan karena marketplace milik Pemkot Medan akan menjadi market pertama bagi produk UMKM sekaligus bentuk dukungan guna mewujudkan UMKM naik kelas.

Baca: Gaji ASN dan TNI/Polri Naik 8%

Baca: Anak Eks Wali Kota Medan yang Pamer Barang Mewah Dimutasi Bobby Nasution

“Saya punya target di bulan sebelas (November), kami (Pemkot Medan) setiap Selasa nantinya wajib berpakaian casual menggunakan hasil produk UMKM. Baju dinas kita yang biasanya warna khaki itu, kita ganti jadi pakaian casual,” ujar Bobby dalam keterangan tertulis, Kamis (19/10/2023).

Bobby menegaskan bahwa pihaknya ingin menjadi contoh bahwa pihak Pemerintah juga bisa menjadi konsumen untuk para pelaku UMKM. Hal ini pun diharapkannya bisa menjadi motivasi bagi pemerintah daerah lain untuk melakukan hal yang sama.

Selain itu, dukungan ini juga digalakkan demi mendorong pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan digitalisasi dalam mendukung peningkatan usahanya. Sebab, menurutnya ke depan pasar yang disasar UMKM bisa lebih luas, bahkan dalam lingkup global.

Untuk itu, Bobby berharap ragam dukungan terhadap pelaku UMKM bisa terus berlanjut, terutama dalam hal literasi digital. Dengan demikian, para pelaku UMKM kian terbantu dan memudahkan mereka untuk mengatur keuangannya secara tersistem.

Baca: Menparekraf Bidik Medan jadi Destinasi Wisata Belanja

Baca: Gubsu Edy Geram Sama Walikota Bobby: Jangan Bikin Aku Marah!

“Kita harus terbuka pada kemajuan. Sentuh digitalisasi dan maka akan lebih banyak peluang yang datang ke teman-teman pelaku UMKM. Ini lah yang kita harapkan, adanya kerja sama. Semoga bermanfaat dan sukses untuk semuanya,” pungkasnya.

 

Share this: