Bus Pariwisata Terbalik di Tikungan Sidenggal Tongging, 6 WNA Malaysia Luka-luka

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Bus Pariwisata terbalik di Tikungan Sidenggal Tongging, Kamis (29/11/2018). 

KARO, BENTENGTIMES.com– Bus Pariwisata BK 7232 DP terbalik saat melintas di tikungan Sidenggal, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, pada Kamis (29/11/2018) sekira pukul 14.00 WIB. Dalam insiden itu, enam orang wisawatan asal Malaysia mengalami luka-luka.

Keterangan diperoleh, kejadian laka lantas itu terjadi ketika bus merk Isuzu Elf itu meluncur hendak berekreasi ke objek wisata Tongging, tepian Danau Toba. Ternyata, bus hilang kendali saat melintasi tikungan Sidenggal dan menabrak pagar pembatas jalan.

“Tadi, pas di turunan gak masuk perseneling. Jadi, saya hilang kendali sehingga menabrak pembatas jalan,” ujar Muharman (36), supir Bus Pariwisata, kepada BENTENG TIMES, di lokasi kejadian sekira pukul 15.00 WIB.

Bermanto Silalahi (34), seorang warga Desa Tongging mengatakan, mereka mendengar kabar telah terjadi laka lantas sekira pukul 14.00 WIB. Begitu mendengar kabar ada kecelakaan lalu lintas, mereka langsung bergerak ke lokasi kejadian.

“Tradisi di kami memang begitu, kalau ada laka lantas semua bergerak memberikan pertolongan,” kata Bermanto, yang ikut membantu evakuasi para korban.

(Baca: Lakalantas di Jalinsum Tebingtinggi-Bandar Khalipah Renggut Nyawa Boru Pangaribuan)

(Baca: Pengendara Toyota Agya yang Merampas HT Polantas Diperiksa Polisi)

Kasat Lantas Polres Tanah Karo AKP Edward Simamora menuturkan kejadian itu murni karena human error. Supir tidak bisa mengendalikan bus yang dia kemudikan ketika melintas di jalan menikung dan menurun.

Akibat kejadian nahas itu, delapan orang penumpang dan satu supir mengalami luka-luka ringan. Saat itu, Muharman membawa wisatawan tujuh orang WNA Malaysia.

Para korban kemudian dibawa ke Puskesmas Merek untuk mendapat perobatan medis. Selanjutnya, dirujuk ke Rumah Sakit Efarina Etaham Berastagi.

(Baca: Kecelakaan di Tol Sei Rampah, 1 Tewas)

(Baca: Bus Pelita Paradep Kecelakaan Lagi, 2 Tewas)

Menurut pendataan pihak kepolisian, para korban yang mengalami luka-luka:

1. Muharman (supir), warga Jalan Beringin I, Gang Tempua, Dusun 8 Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

2. Zulfadhli Syahman bin Wan Yusof (39), penumpang mengalami luka pada tangan kiri dan terkilir.

3. Check Ramlah bin M Amin (82), luka di bawah lutut dan paha.

4. Zakinah bin Hassan (67), luka di bibir 3 cm tembus ke langit langit mulut (korban dirujuk ke RS Efarina Etaham Berastagi).

5. Wan Nurdiyana bin Wan Yusof (32), luka tangan kiri lecet lecet.

6. Wan Yusof bin Wan Ismail (75), luka lecet di lengan tangan kiri.

7. Farrah bin Hashim (36), luka lecet di tangan kiri.

8. Wan Airs Sophia (6), tidak ada luka.

Share this: