PDIP Tuding Ada Money Politic di Samosir, Martin Manurung: Nasdem Kawal Kemenangan VANTAS

Share this:
Ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung

SAMOSIR, BENTENGTIMES.com – Kisruh yang terjadi pasca Pilkada Samosir karena adanya tudingan dari PDI Perjuangan bahwa telah terjadi praktik money politic ditanggapi serius oleh Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Martin Manurung. Dia menegaskan bahwa Partai Nasdem akan mengawal kemenangan pasangan calon (paslon) Vandiko Gultom-Martua Sitanggang (VANTAS).

Diketahui bahwa Paslon VANTAS diusung oleh Partai Nasdem dan beberapa partai lain, seperti Golkar, PKB, Demokrat dan Hanura. Sementara, paslon Rapidin Simbolon-Juang Sinaga diusung oleh PDI Perjuangan dan Marhuale Simbolon-Guntur Sinaga maju lewat jalur independen. Berdasarkan perhitungan terakhir, paslon Vandiko Gultom-Martua Sitanggang memperoleh suara terbanyak, yaitu 53,3, persen.

BACA: Suara Masuk Pilkada di Sumut Hampir 100 Persen, Petahana Bertumbangan

Namun, belakangan politisi PDIP Arteria Dahlan meminta paslon Vandiko Gultom-Martua Sitanggang didiskualifikasi. Dia menuding adanya politik uang yang terjadi di Pilkada Samosir yang dihimpun dari 9 kecamatan dan dari 128 desa. Dan, pihaknya mengaku sudah menyampaikan semua bukti.

“Vandiko harus didiskualifikasi dan penyelenggara pemilu harus menunda penetapan pemenangan pemilu di Samosir,” ujar Anggota Komisi III DPR RI ini, Rabu (16/12/2020) di kantor DPD PDIP Sumut.

Bahkan, dia meminta Mabes Polri segera memeriksa Kapolres Samosir AKBP M Saleh yang membiarkan maraknya politik uang di Samosir.

Ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung saat kunjungan resesnya sebagai Anggota DPR RI ke Kabupaten Samosir, Rabu (16/12/2020) pun angkat bicara atas tudingan itu. Terlebih dahulu, dia menyampaikan selamat atas kemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2 Vandiko Timotius Gultom-Martua Sitanggang.

Kemudian, ia menyampaikan bahwa kemenangan mutlak VANTAS ini adalah kemenangan masyarakat Samosir yang ingin adanya perubahan. Ia juga meyakini hasil quick count atau hitung cepat yang menyatakan keunggulan pasangan VANTAS tidak akan jauh berbeda dari hasil real count dari KPUD Samosir.

BACA: Samosir Bakal Punya Bupati Termuda se-Indonesia, Petahana Kalah di Hampir Semua Kecamatan

“Jadi saya berpesan kepada Vandiko agar mulai fokus membuat rencana-rencana kerja untuk memimpin Samosir ke depannya. Jangan fikirkan suara sumbang yang mengatakan bahwa hasil pilkada dapat berubah,” ungkap Martin di tengah-tengah penyaluran bantuan kepada sejumlah desa

Terkait tudingan adanya politik uang, Martin mengatakan hal itu tidak perlu menjadi pengganggu program-program kerja Vandiko ke depan. Ia memastikan bahwa Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem akan terus mengawal kemenangan tersebut, meski akan adanya upaya-upaya keberatan dari para kandidat lainnya.

“Urusan gugatan hukum dan segala macamnya, DPP Partai NasDem nanti yang akan jaga,” tegasnya.

“Menjaga kemenangan VANTAS adalah menjaga kemenangan masyarakat. Karenanya, Vandiko harus membuktikan diri atas kepercayaan yang diberikan masyarakat,” ujarnya.

BACA: PDIP Investigasi Dugaan Politik Uang Pilkada Karo dan Samosir

Martin juga menyampaikan sepenggal ayat dari Alkitab sebagai bentuk dukungan kepada Vandiko. “Seperti yang dikatakan oleh Rasul Paulus, Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda,” pungkasnya.

Share this: