PDIP Menang Total di Sumut, Ini Nama Lengkap 30 Caleg Terpilih ke Senayan

Share this:
BMG
Ilustrasi.

MEDAN, BENTENGTIMES.com– KPU telah merampungkan proses rekapitulasi dan perhitungan suara pemilu (pilpres dan pileg) di Sumatera Utara. Kabupaten Deliserdang menjadi daerah terakhir yang menuntaskan laporan hasil plenonya di Sekretariat KPUD Sumut.

Bertempat di Sekretariat KPU Sumatera Utara, jajaran komisioner KPU Sumut membacakan sertifikat perolehan hasil, tepat pukul 23.00 WIB. Sertifikat tersebut berupa pemilihan Presiden, Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPRD Provinsi hingga Kabupaten/Kota.

Komisioner KPU Sumut Herdensi Adnin menuturkan pihaknya telah menyelesaikan tahapan pleno seluruh jenis pemilihan.

“Besok kita rencanakan akan lakukan rekapitulasi nasional. Seperti kita ketahui bersama, rekapitulasi ini berjenjang dari TPS, PPK, Kabupaten/kota, provinsi hingga pusat,” kata Herdensi usai pleno, Minggu (19/5/2019) lalu.

Baca: Begini Tanggapan Tengku Erry Soal Kekalahannya di Pileg 2019

Baca: Mengemuka, Usul Presiden dan Kepala Daerah Dipilih Legislatif

Terkait pemenang pemilu menurut Densi meski harus melalui penetapan oleh KPU RI, masyarakat berhak tahu siapakah pemenang kontestasi pemilu ini.

“Saya kira masyarakat sudah tahu, apakah 01 atau 02 yang menang, untuk parpol siapa yang memperoleh hasil signifikan,” tambahnya.

Menurut hasil rekapitulasi, berikut daftar calon legislatif yang berhasil lolos ke Senanyan dari daerah pemilihan yang ada di Sumatera Utara. PDI Perjuangan mengirim tujuh kadernya ke senayan dari tiga dapil, yaitu dapil Sumut 1 dua orang, dari Sumut 2 dua orang, dan dari Sumut 3 tiga orang. Dengan pencapaian itu, PDIP menang total di Sumatera Utara.

Baca: Di 2 Kabupaten Ini, Partisipasi Pemilih 100 Persen, Jokowi Juga Menang 100 Persen

Baca: Perebutan Kursi DPD RI Dapil Sumut: Mantan Ephorus HKBP, Aman

Sementara, Gerindra mengirimkan empat orang wakilnya ke senayan, dua di dapil Sumut 1 dan masing-masing 1 di dapil Sumut 2 dan 3. Perolehan kursi Partai Gerindra ini sama dengan perolehan PKS, Golkar, dan Nasdem yaitu empat kursi. Selanjutnya PAN dan Demokrat meraih tiga kursi, kemudian PKB mendapatkan satu kursi.

Share this: