Calon Anggota DPRD Karo Dilantik Bulan Oktober 2019, Begini Prosesnya…

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Kordiv Teknis KPUD Karo Lotmin Ginting merapikan berkas hasil perhitungan 16 suara partai politik di Kantor KPUD Karo, Jumat (3/5/2019).

KARO, BENTENGTIMES.com – Pemilu telah usai dan perhitungan suara untuk 16 partai politik oleh KPUD Karo telah berjalan lancar dan telah mendapat hasil. Pada tanggal 25-27 April 2019 lalu merupakan perhitungan suara akhir KPUD Karo yang dilaksanakan di Hotel Rudang Berastagi.

Saat bentengtimes.com menyambangi kantor KPUD Karo terkait perkembangan perhitungan suara, Jumat (3/5/2019) pukul 11.56 WIB, Komisioner KPU Kordinator Divisi Teknis Lotmin Ginting mengucapkan rasa syukur karena sampai saat ini perhitungan berjalan lancar, mulai dari perhitungan tingkat TPS, PPK sampai kabupaten.

BACA: Pakai Jas Pinjaman, Rikardo Gak Nyangka Terpilih Jadi Komisioner KPUD Karo

“Tidak ada masalah yang menghambat. Proses berjalan lancer sampai perhitungan usai pada 27 April 2019 kemarin di Hotel Rudang Berastagi,” ucapnya saat di temui di ruangannya sambil menyusun berkas hasil perhitungan.

Dijelaskan, saat ini tugas KPUD Karo menunggu hasil rekapitulasi suara tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan dilaksanakan mulai tanggal 6-9 Mei 2019 dan selanjutnya menunggu hasil perhitungan tingkat nasional paling lambat tanggal 22 Mei 2019.

“Lalu, tiga hari usai perhitungan suara nasional kita tunggu gugatan ke MK (Mahkamah Konstitusi) kalau ada. Kalau tidak ada, maka kita akan tetapkan 35 calon legeslatif terpilih utusan masing-masing partai,” kata Lotmin.

BACA: Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda Apresiasi Pemilu di Karo

“Intinya, 3 hari setelah hasil perhitungan nasional kita tunggu ketetapan MK, baru 35 caleg yang lolos menduduki kursi DPRD Kabupaten Karo kita usulkan kepada Mendagri melalui Gurbenur Sumut untuk melakukan pelantikan. Dan untuk jadwal pelantikan di Kabuptaen Karo akan dilaksakan di Bulan Oktober 2019. Untuk penetapan tanggal itu sendiri akan datang dari Mendagri,” imbuh Lotmin Ginting.

Share this: