Mantan Bupati yang Juga Mantan Napi Itu Diteriaki Guru, Minta Uang Kembali

Share this:
Puluhan guru honor menunggui mantan Bupati Tapteng Bonaran Situmeang di Bandara FL Tobing, menuntut agar uang mereka dikembalikan.

TAPTENG, BENTENGTIMES.com – Bertubi-tubi persoalan menimpa Mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bonaran Situmeang. Pasca bebas dari hukuman yang dijalani atas kasus suap terhadap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, dia kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dan, ketika terkabar informasi bahwa Bonaran akan mendarat di Bandara FL Tobing, puluhan guru berstatus honorer K2 di Tapanuli Tengah pun langsung mendatangi bandara tersebut, Senin (11/2/2019).

BACA: Mantan Bupati Tapteng Ditahan Polda Sumut

Mereka membawa poster dan spanduk berisi tuntutan. Seperti yang diungkapkan salah seorang guru honorer K2 asal Sorkam yang mengatakan bahwa dia dan sejumlah guru lainnya datang untuk menagih agar uang mereka dikembalikan. Mereka mengaku, uang tersebut mereka berikan saat mengurus CPNS tahun 2013 lalu.

Dia mengaku sebagai guru kontrak K1 pada masa Bupati Tuani Lumban Tobing. Kemudian, dia menjadi honorer K2 pada masa Bupati Bonaran Situmeang. Saat itu, dirinya memberikan uang Rp53 juta kepada koordinator wilayah yang sudah ditunjuk oleh Bonaran, yang bernama Bakhtiar Simanjuntak.

“Saya menyerahkan uang itu karena dijanjikan akan lulus sebagai PNS dengan syarat yang diminta. Katanya sudah keluar nama saya, tapi katanya ada administrasinya Rp50 juta,” ujarnya.

BACA: Bakhtiar Sibarani Mengundurkan Diri dari Ketua Hanura Tapteng

Dan, ketika ujian, dia kembali dimintai uang sebesar Rp3 juta lagi.

Share this: