Kabar Baik! Menkeu Pastikan Gaji ke-13 Cair

Share this:
Menteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Kementerian Keuangan akhirnya memutuskan mencairkan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI dan Polri.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, Selasa (21/7/2020) mengatakan bahwa gaji ke-13 yang akan diberikan ini tidak berlaku bagi pejabat negara, eselon I dan eselon II dan akan dibayarkan pada Agustus 2020. “Pembayaran gaji ke-13 direncanakan dilakukan pada bulan Agustus 2020,” ujarnya.

BACA: Ini Panduan New Normal Bagi PNS, Karyawan Swasta dan Pegawai BUMN…

Untuk pelaksanaan pencairan gaji ke-13, pihaknya bakal segera mengeluarkan revisi dari regulasi-regulasi yang ada.

Lebih lanjut Sri Mulyani merinci, total anggaran pencairan gaji ke-13 yang akan dikucurkan mencapai Rp28,5 triliun, dimana jumlah tersebut bersumber APBN sebesar Rp14,6 triliun dan APBD sebesar Rp13,89 triliun. Alokasi APBN untuk ASN pusat terbagi menjadi dua, yaitu dana gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji dan dana pensiun.

Adapun rinciannya, untuk ASN di pemerintah pusat dianggarkan sebesar Rp6,73 triliun untuk dana gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji.

Selanjutnya, untuk pensiunan Rp7,86 triliun dan untuk ASN daerah yang dananya berseumber dari APBD jumlahnya Rp13,89 triliun.

“Sementara itu, untuk pembayaran ASN daerah melalui APBD adalah sebesar Rp13,89 triliun, sehingga total untuk pembayaran gaji ke-13 ini adalah Rp28,5 triliun,” jelas Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, pembayaran gaji ke 13 untuk ASN dan pensiunan dilaksanakan sebagai bagian dari stimulus perekonomian. Seperti diketahui, sebagai imbas dari pandemi Covid-19, pada kuartal III-2020 kegiatan perekonomian, baik dari permintaan, konsumsi masyarakat, ekspansi investasi perusahaan mengalami tekanan.

BACA: 70% APBD Habis untuk PNS Pemda, Sri Mulyani: Itu Kan Salah

“Pemerintah menganggap gaji ke 13, termasuk THR (yang sudah diberikan) bisa dilakukan untuk menjadi bagian dari stimulus ekonomi untuk mendukung kemampuan masyarakat dalam melakukan kegiatan terutama ini di tahun ajaran baru,” kata Sri Mulyani.

Share this: