Dua Hal Bikin Warga Kecewa, APH Diminta Usut Program Pemberian Bibit Ayam di Desa Dahana Tabaloho Gunungsitoli

Share this:
ADI LAOLI-BMG
Kantor Desa Dahana Tabaloho terpantau tutup pada Selasa (24/10/2023), siang sekira pukul 14.40 WIB. (kiri) Bibit bantuan ternak ayam yang diterima warga mati mendadak.

GUNUNGSITOLI, BENTENGTIMES.com– Program pemberian bibit ayam di Desa Dahana Tabaloho, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara, menuai sorotan. Ada dua hal yang membuat warga penerima bantuan kecewa. Dan, mereka mendorong agar aparat penegak hukum (APH) melakukan pengusutan.

Hal pertama yang bikin warga kecewa, karena bibit ayam yang anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023, itu mati sebelum berkembang.

Ama Defi Harefa, salahseorang warga Desa Dahana Tabaloho yang mengungkapkan kekecewaan itu. Dia mengatakan, empat ekor ayam bantuan yang dia terima pada Selasa (17/10/2023) lalu, kini sudah mati semua.

“Waktu dibagi di kantor desa minggu lalu, saya dapat empat ekor bibit ayam kampung. Tapi, ayamnya sudah mati semua pak,” keluh Ama Defi, dengan nada kecewa kepada Benteng Times, Senin (23/10/2023).

Persoalan yang dia alami tidak berhenti sampai disitu. Sejak dia menerima bantuan bibit ayam itu, ternak ayam miliknya yang lain ikut terancam karena telah terkena penyakit.

Dia menduga bibit bantuan ayam kampung yang diterimanya sudah terjangkit penyakit dari tempat asal. Alasannya, saat pertama kali diterima, kondisi ayam itu sudah loyo.

“Tak mau makan. Lalu, keesokan harinya satu per satu mati, hingga tak tersisa,” ujarnya.

BacaKasus Korupsi Dana Desa TA 2017 dan 2018, Mantan Kades Dahadano Gawu-Gawu Gunungsitoli Ditahan

BacaKejari Gunungsitoli Tahan Dua Tersangka Kasus Korupsi Proyek Pembangunan SMP Negeri 5 Lahewa

Ama Defi Harefa mengaku sangat kecewa dan dirugikan. Dia juga mengkritik aparat pemerintahan desa, terkhusus  pihak yang terlibat dalam hal pengadaan bibit bantuan ayam yang tidak teliti.

“Harap-harap dapat bantuan, malah ayam saya yang lain jadi penyakitan,” keluhnya.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: