Penelusuran Dahlan Iskan Soal Hibah Rp2 T Akidi Tio: Cerita Si Cantik hingga Kabar Hoaks

Share this:
BMG
Heriyanti, anak alm Akidi Tio, saat penyerahan hibah Rp2 T secara simbolis kepada Kapolda Sumsel. (Insert) Dahlan Iskan.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Dahlan Iskan, wartawan senior menelusuri proses pencairan dana sumbangan Rp2 triliun oleh pengusaha Akidi Tio untuk penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan. Rencana sumbangan itu sebelumnya disampaikan anak bungsu Akidi Tio, Heryanti, melalui Polda Sumatera Selatan.

Mantan Menteri BUMN era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini telah menayangkan sejumlah artikel tentang rencana sumbangan Rp2 triliun tersebut sejak 28 Juli 2021 hingga 3 Agustus. Dalam rangkaian tulisannya, Dahlan bercerita bahwa dia berkomunikasi dengan seseorang beralias ‘Si Cantik’ yang merupakan kenalan dekat Heryanti.

Dahlan Iskan tidak menggamblangkan identitas Si Cantik. Ia hanya menuliskan bahwa Heryanti memiliki utang kepada Si Cantik senilai Rp3 miliar yang dijanjikan akan segera dilunasi. Minggu malam atau sebelum Heryanti diamankan, dia menghubungi Si Cantik dan berjanji menyediakan uang lewat Bank Mandiri pada Senin, 2 Agustus.

“Minggu malam kemarin Si Cantik mengaku sempat takut tidak bisa tidur. Terlalu membayangkan apa yang akan terjadi Senin keesokan harinya. Apakah uang Rp3 miliar yang dipinjam Heriyanti benar-benar akan cair,” tulis Dahlan seperti yang ditulis dalam artikel berjudul ‘Tersangka 2 T’ yang diterbitkan pada 3 Agustus 2021 di situs resminya, disway.id.

BacaEkspresi Semringah Saat Video Call dengan Greysia-Apriyani, Jokowi: Jujur, Saya Sangat Bangga

BacaVaksin Merdeka

Namun yang terjadi pada Senin, Heryanti justru diciduk polisi. Dia dibawa polisi ke Bank Mandiri untuk mengecek uang sumbangan senilai Rp2 triliun.

“Polisi pun melakukan pengecekan di bank itu: apakah dana Rp2 triliun dari Heryanti sudah ada,” tulis Dahlan.

“Tidak ada,” jawab petugas bank seperti ditirukan Dahlan.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: