Penelusuran Dahlan Iskan Soal Hibah Rp2 T Akidi Tio: Cerita Si Cantik hingga Kabar Hoaks

Share this:
BMG
Heriyanti, anak alm Akidi Tio, saat penyerahan hibah Rp2 T secara simbolis kepada Kapolda Sumsel. (Insert) Dahlan Iskan.

Heryanti langsung dibawa ke Polda Sumatera Selatan. Dalam proses pemeriksaan di Polda Sumatera Selatan, Heryanti masih sempat menghubungi orang bernama Si Cantik ini. Lewat teleponnya, Heryanti meyakinkan akan segera mencairkan uang tersebut.

Dia juga masih berkukuh bahwa uang sumbangan Rp2 triliun itu ada.

“Ibu, duitnya tuh ada. Besok baru cair,” kata Heryanti kepada Si Cantik.

Dahlan mengungkapkan bahwa secara hukum, perkara uang sumbangan itu sangat sederhana. Dia menyebut tak perlu pemeriksaan dari polisi yang bertele-tele.

“Barang bukti sudah banyak. Mungkin Heryanti juga tidak perlu ditahan: dia tidak akan bisa menghilangkan barang bukti. Tidak mungkin juga melarikan diri-di masa pandemi seperti ini,” kata Dahlan.

BacaEkspresi Semringah Saat Video Call dengan Greysia-Apriyani, Jokowi: Jujur, Saya Sangat Bangga

BacaKegilaan Rusdi Kirana Terobos Vacuum Cleaner

Dahlan lantas bercerita bahwa dia dihubungi seorang tokoh besar beretnis Tionghoa di Jakarta. Tokoh tersebut meminta saran apa yang harus dilakukan golongan Tionghoa kalau-kalau sumbangan itu hoaks.

“Saya bilang: tidak usah melakukan reaksi berlebihan. Biasa-biasa saja. Bikin pernyataan: menyesalkan kecerobohan yang dilakukan Heryanti sampai menimbulkan kehebohan nasional. Cukup. Soal seperti ini bisa menimpa siapa saja. Suku apa saja. Bangsa mana saja,” ujar Dahlan.

Bersambung ke halaman 3..

Share this: