Terobosan Baru BPJS Kesehatan Kabanjahe: Antrean Bisa Lihat di Mobile JKN

Share this:
BMG
BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe menggelar pertemuan dengan Dinas Kesehatan Karo beserta 21 FKTP, bertempat di Ruang Aula Kantor Cabang Kabanjahe, pada Selasa (29/01/2020).

KARO, BENTENGTIMES.com– Sebagai upaya untuk memastikan sistem antrean elektronik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berjalan lancar, BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe menggelar pertemuan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karo dan jajarannya, Selasa (29/1/2020).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Nara Grace Ginting menyampaikan, sistem yang mulai diterapkan di awal tahun 2020 ini merupakan inovasi berbasis teknologi yang dikembangkan BPJS Kesehatan, terkoneksi dengan aplikasi Mobile JKN dan aplikasi P-Care di fasilitas kesehatan.

Dengan adanya sistem ini, lanjut Grace, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta, terutama dalam hal mengurai waktu tunggu antrean menjadi lebih singkat.

“Selama ini, di beberapa FKTP, terutama di puskesmas dan klinik, waktu antrean terasa cukup lama. Dengan adanya sistem antrean elektronik ini, peserta sudah tidak perlu lagi mengantre lama. Sebab, dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Mobile JKN. Di situ, peserta dapat melihat langsung berapa antrean lagi sebelum gilirannya. Sehingga dapat menyesuaikan waktu kedatangannya,” ucap Grace.

BacaSemakin Hari Semakin Cinta JKN-KIS, Tahu Kenapa?

Kepala Puskesmas Tiga Binanga drg Perpulungenta Purba yang hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik sistem antrean elektronik ini. Ia mengaku sangat senang sekali. Menurutnya, sistem ini adalah jawaban dari kendala antrean di Puskemas Tiga Binanga yang selama ini semrawut.

“Saya senang sekali dengan adanya inovasi ini. Hal itu mengingat sistem antrean di Puskesmas Tiga Binanga selama ini sangat padat dan kurang tertib. Bahkan, kami harus menyiapkan seorang tenaga honorer yang khusus untuk masalah antrean ini saja,” ujarnya.

BacaDaftar JKN-KIS Karena Tak Ingin Terjerat Hutang Saat Sakit

Selain itu, ia yakin dengan adanya sistem ini, antrean menjadi transparan sehingga menghindari kecurangan-kecurangan yang terjadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Karo Kawal Maha juga menyampaikan komitmennya untuk memastikan seluruh FKTP dapat menjalankan sistem antrean elektronik ini.

Share this: