Bupati Karo Kesal Lihat Parit Kembali Tertutup dan Air Meluber ke Jalan

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kadis PUPR Paten Purba, Kabid Bina Marga Hendra Mitchon Purba, Camat Simpang Empat Amsah Peranginangin, dan Anggota Komisi D DPRD Provsu Layari Sinukaban saat meninjau jalan rusak di Desa Surbakti, Kamis (4/4/2019), siang.

KARO, BENTENGTIMES.com– Bupati Karo Terkelin Brahmana merasa kesal ketika melihat parit atau gorong-gorong kembali tertutup di Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo. Sehingga, setiap kali musim hujan air meluber ke bahu jalan yang berakibat buruk terhadap ketahanan aspal jalan di desa itu.

“Jalan ini sudah dua kali saya tinjau. Kemarin, sudah kita turunkan alat berat loader untuk menyorong tanah kiri dan kanan jalan. Sebab selama ini penyebab jalan ini rusak adalah tidak adanya saluran gorong-gorongnya,” ujar Terkelin kepada BENTENG TIMES, saat meninjau jalan tersebut, Kamis (4/4/2019).

Tak hanya itu, Terkelin juga sudah mengingatkan Camat Simpang Empat agar air penyucian wortel jangan dibuang sembarangan, melainkan dengan memanfaatkan saluran parit yang dibangun oleh Dinas PUPR. Ternyata, realita di lapangan setelah jalan di-loader, ada masyarakat setempat sengaja menutup saluran gorong gorong yang dibuatkan oleh pihak PUPR. Saluran air ditutup, disumbat pakai tanah, sehingga air meluber ke bahu jalan.

“Itulah yang membuat jalan cepat rusak. Kalau jalan sudah rusak, yang disalahkan pemerintah,” keluh Terkelin, kepada Kadis PUPR Paten Purba, Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba, dan Camat Simpang Empat Amsah Peranginangin yang ikut serta meninjau lokasi.

BacaLima Solusi Mengatasi Persoalan Jalan Rusak di Desa Cerumbu, Mardingding

Dan pada hari itu juga, Terkelin memerintahkan Camat Simpang Empat segera mensosialisasikan kepada masyarakat bersama kepala desa tentang pentingnya menjaga saluran parit.

Dalam peninjauan tersebut, turut hadir Anggota Komisi D DPRD Provsu Layari Sinukaban yang sedang tugas rutinitas di Kabupaten Karo.

Share this: