20.450 Surat Suara di KPU Nias Utara Rusak

Share this:
ADI LAOLY-BMG
Kasubbag Logistik KPU Nias Utara Waozatulo Zega.

NIAS UTARA, BENTENGTIMES.com– Sebanyak 20.450 lembar surat suara Pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias Utara dinyatakan rusak. Kerusakan ini ditemukan setelah dilakukan penyortiran, pada suarat suara untuk DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

“Setelah disortir ditemukan ada kerusakan 20.450 lembar, ditambah kekurangan saat pengiriman logistik 948 lembar. Jadi, total kekurangan surat suara sebanyak 21.398 lembar lagi,” kata Waozatulo Zega, Kasubbag Logistik KPU Nias Utara, kepada BENTENG TIMES, belum lama ini.

Waozatulo membeberkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Nias Utara pada Pemilu 2019, sebanyak 89.478. Dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 375 di 113 Desa.

“Sehingga kebutuhan surat suara di Kabupaten Nias Utara pada Pemilu ini, termasuk 2 persen dari cadangan sebanyak 91.426 lembar,” ungkapnya.

BacaSyarat Berikut Harus Dipenuhi ASN Untuk Jabatan Fungsional di Nias Utara

Selain surat suara, logistik pemilu lainnya yang masih kekurangan yakni kota suara 49 buah dari kebutuhan 997 buah, dan bilik suara 14 buah dari kebutuhan 1.500 buah.

“Kotak suara yang sudah kita terima pada Oktober tahun lalu, setelah kita hitung dan periksa pada ada kekurangan 6 buah dan rusak 43 buah. Begitu juga bilik suara yang kita terima pada bulan November 2018, kurang 4 buah dan rusak 10 buah,” jelasnya.

Gudang Logistik KPU Nias Utara, beralamat di Jalan Gunungsitoli-Lahewa, Km 37, Lotu-Nias Utara.

Untuk mengatasi kelurangan logistik Pemilu itu, Waozatulo mengaku pihaknya sudah melaporkan ke KPU RI, untuk segera dikirim pengganti yang rusak maupun kekurangan ke KPU Nias Utara.

“Ya kita sudah melaporkan ke KPU RI. Harapan kita segera dikirim kekurangan logistik ini. Lebih cepat dikirim semakin lebih baik,” pungkasnya.

BacaDitemui Ketua DPRD Nias Utara, Masyarakat Minta Perahu, Bibit Padi dan Air Bersih

Waozatulo membeberkan Logistik Pemilu di 11 kecamatan di wilayah Kabupaten Nias Utara akan didistribusikan dalam dua tahap. Pertama pada 15 April 2019 didistribusikan di 5 kecamatan, yakni: Tugala Oyo, Alasa, Alasa Talumuzoi, Afulu, dan Kecamatan Namohalu Esiwa.

“Untuk tahap kedua, pada tanggal 16 April 2019, kita distribusikan di 6 kecamatan, yakni: Lotu, Lahewa Timur, Lahewa, Sawo, Tuhemberua, dan Kecamatan Situlo Ori,” bebernya.

Share this: