Bunuh Saja Messi!

Share this:
Lionel Andres Messi

Catatan: Pala MD Silaban

RUSIA, BENTENGTIMES.com – Mungkin tak sebanyak Brazil atau Jerman, tapi tak bisa dipungkiri bahwa pendukung Argentina cukup banyak di jagad ini. Jauh sebelum Messi hadir, ketertarikan penggemar sepakbola terhadap Argentina sudah dimulai oleh Mario Kempes atau Diego Armando Maradona.

Sejak itu, hadirlah berbagai bintang dari negara kelahiran tokoh revolusioner Che Guevara ini. Sebut saja Gabriel Batistuta, Riquelme, Juan Sebastian Veron, Ariel Ortega dan sejumlah nama beken lainnya.

Tapi, sejak ‘kerajaan’ Maradona di tahun 1980 pertengahan hingga ‘terguling’ setelah tahun 1990, nama-nama beken tersebut tak mampu meneruskan kejayaan itu. Setiap pagelaran Piala Dunia, baik itu di Amerika Serikat 1994, Prancis 1998, Korea-Jepang 2002, Jerman 2006, Argentina tak mampu bicara banyak.

Tapi, pada rentetan kegagalan itu, tak ada yang bisa dipersalahkan kecuali tim secara menyeluruh. Batistuta dengan kebintangannya tak tersentuh hujatan, begitu juga Veron atau nama-nama lainnya, yang notabene pada masa-masa itu mereka adalah penguasa panggung di klubnya masing-masing.

Ariel Ortega, yang sempat dibanding-bandingkan dengan Maradona, juga tak begitu banyak dicela. Ekspektasi tak begitu tinggi dialamatkan kepadanya. Justru publik yang patut dipersalahkan karena telah begitu ‘berani’ menganggap Ortega sebagai ‘Maradona Baru’.

Tibalah saatnya di Piala Dunia 2010 seorang Lionel Messi hadir menyita perhatian dunia, walau sebenarnya dia sudah tampil di Piala Dunia edisi sebelumnya, tapi saat itu dia masih tergolong ‘anak-anak’ yang belum bisa bicara banyak.

Di turnamen 4 tahunan yang saat itu digelar di Benua Hitam Afrika, Messi sudah menjadi bintang, dengan koleksi gelar yang diraihnya bersama Barcelona. Tahun itu pemain kelahiran Rosario, Santa Fe ini juga sudah mulai matang, sudah berusia 23 tahun. Tapi, kembali Argentina gagal walau kala itu negara mempercayakan kursi kepelatihan kepada legenda yang dulu pernah berkuasa: Diego Armando Maradona.

Share this: