Ngopi Bareng di Warung Synergy: Dunia Harus Tau Betapa Nikmatnya Kopi Samosir

Share this:
BMG
Bupati-Wakil Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM-Ir Juang Sinaga berfoto bersama pengurus dan anggota Samosir Coffee Synergy pada acara Ngopi Bareng dan Edukasi Kopi pada peringatan Hari Kopi Internasional, Selasa (1/10/2019).

SAMOSIR, BENTENGTIMES.com – Aroma kopi yang menggairahkan menyeruak di seputaran Komplek Hotel Tiga Besar, Pangururan, Kabupaten Samosir, tepatnya di Warung Kopi Synergy, Selasa (1/10/2019). Hari itu, sedang berlangsung acara ‘Ngopi Bareng Tanpa Gula’ sebagai peringatan Hari Kopi Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Samosir Coffee Synergy, yang merupakan wadah bagi para pegiat kopi Samosir. Acara ‘Ngopi Bareng’ ini juga dirangkai dengan atraksi latte art, traditional roasting, cupping dan manual brewing yang semua bahan bakunya adalah kopi Samosir, talkshow tentang budidaya hingga paska panen yang menghadirkan narasumber dari perbankan, dalam hal ini BRI dan Dinas Pertanian Kabupaten Samosir.

BACA: Medan Siap Jadi Kota Penggerak Komoditas Kopi

Selain itu, ada juga trading (transaksi jual beli kopi) yang menjual 11 produk kopi Samosir, yaitu Salto, Kaldera, Dinanti, Nature, Synergy, Hotdaina, Alusi, D7 Kopi, Tamba Indah, Pardosir, MPIG Kopi Pulo Samosir.

Antusias masyarakat dan pemerintah daerah pun cukup tinggi untuk hadir pada kegiatan ini. Bahkan, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM, Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga, Sekretaris Daerah Drs Jabiat Sagala MHum serta beberapa kepala OPD terlihat hadir untuk menikmati kopi Samosir serta memberi motivasi kepada Samosir Coffee Synergy untuk terus berjuang mengenalkan dan memasarkan kopi Samosir ke seluruh Nusantara, bahkan dunia.

Beberapa produk kopi Samosir yang dijual pada acara Ngopi Bareng dan Edukasi Kopi pada peringatan Hari Kopi Internasional, Selasa (1/10/2019).

“Saya yakin untuk mencapai itu bukan hal mudah. Pasti sangat berat dan banyak yang harus dikorbankan. Tapi, saya minta agar saudara sekalian tetap bertahan dan terus berjuang, bagaimana agar kopi Samosir ini semakin dikenal, dan tentu dampaknya akan sangat baik bagi petani kopi, pengusaha kopi dan masyarakat Samosir,” ujar Wakil Bupati Ir Juang Sinaga menyemangati Samosir Coffee Synergy.

BACA: Wow! Ini 16 Kopi Lokal Indonesia Ini Laris di Pasar Dunia, Ada 2 dari Sumut

Senada disampaikan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM. Dia mengatakan bahwa sudah sepantasnya kopi Samosir mendapatkan tempat istimewa dalam perdagangan kopi di Indonesia, bahkan dunia, karena kopi Samosir memang memiliki cita rasa yang luar biasa.
Karenanya, dia sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena hadirnya Samosir Coffee Synergy diharapkan mampu menjaga kopi Samosir dari ‘serangan’ tengkulak-tengkulak yang datang membeli kopi berkualitas tetapi dengan harga yang murah.

Share this: