Ngopi Bareng di Warung Synergy: Dunia Harus Tau Betapa Nikmatnya Kopi Samosir

Share this:
BMG
Bupati-Wakil Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM-Ir Juang Sinaga berfoto bersama pengurus dan anggota Samosir Coffee Synergy pada acara Ngopi Bareng dan Edukasi Kopi pada peringatan Hari Kopi Internasional, Selasa (1/10/2019).

“Kalau Samosir Coffee Synergy mampu mengelola kopi ini mulai dari hulu sampai hilir, tentu kita masyarakat Samosir akan mendapatkan laba yang lebih besar daripada kita jual mentah keluar. Yang terjadi selama ini, datang tengkulak mau beli kopi ke petani dengan harga murah, dan di waktu bersamaan petani butuh uang untuk sekolah anaknya. Akhirnya, dia pun menjual kopi Samosir yang berkualitas ini dengan harga murah,” jelas bupati.

Apalagi, kualitas kopi Samosir ini bisa kita kabarkan ke seluruh Indonesia dan dunia, maka orang akan datang berduyun-duyun kemari untuk mendapatkan kopi Samosir. “Wisatawan yang datang pun sudah punya pilihan yang mantap untuk membeli oleh-oleh dari sini, yakni kopi Samosir,” imbuh bupati.

BACA: Ekspor Kopi Sumut Terbesar ke Amerika Serikat

Masih kata politisi PDI Perjuangan ini, kebetulan Samosir punya peluang yang bagus di masa mendatang, dimana Sumatera Utara terpilih menjadi tuan rumah General Assembly Tourism Promotion Organization Asia-Pacific tahun 2021, dimana kegiatan ini tentu akan sangat berdampak pada pariwisata Samosir.

Bupati-Wakil Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM-Ir Juang Sinaga menerima cinderamata berupa produk-produk kopi Samosir pada acara Ngopi Bareng dan Edukasi Kopi pada peringatan Hari Kopi Internasional, Selasa (1/10/2019).

“Forum itu akan mempromosikan Danau Toba, termasuk Samosir, orang-orang akan datang kemari, dan tentu akan membawa oleh-oleh kopi Samosir. Karenanya, mari kita siapkan diri kita, atau kita akan terlindas oleh kemajuan zaman,” jelas bupati.

Bupati juga menekankan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir siap mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, yang mengangkat ciri khas dan kearifan lokal Samosir yang tentu merupakan salah satu langkah meningkatkan pariwisata dan pertanian Kabupaten Samosir.

BACA: Wow! Berbahan Bubuk Kopi, Morris Siregar Lukis Foto Jokowi

“Di setiap event pariwisata, kita akan fasilitasi Samosir Coffee Synergy untuk turut berpameran mempromosikan kopi Samosir. Pemkab Samosir sangat mendukung. Karenanya, saudara sekalian pun harus tetap semangat,” ujar bupati.

Dan, Samosir Coffee Synergy pun memiliki cita-cita yang sama dengan Bupati Samosir, yakni bagaimana kopi Samosir bisa dikenal bahkan sampai ke seluruh dunia, yang tentu juga akan meningkatkan pariwisata Samosir, sehingga orang akan berduyun-duyun datang, bukan hanya karena keindahan alam dan kekayaan budayanya, namun juga karena kopinya yang memiliki cita rasa luar biasa.

Share this: