Ngopi Bareng di Warung Synergy: Dunia Harus Tau Betapa Nikmatnya Kopi Samosir

Share this:
BMG
Bupati-Wakil Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM-Ir Juang Sinaga berfoto bersama pengurus dan anggota Samosir Coffee Synergy pada acara Ngopi Bareng dan Edukasi Kopi pada peringatan Hari Kopi Internasional, Selasa (1/10/2019).

Seperti yang disampaikan Ketua Samosir Coffee Synergy Oliver Dohar Simbolon dalam sambutannya, bahwa tujuan kegiatan ini bukan sekadar untuk minum kopi gratis, namun ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa kopi Samosir memiliki cita rasa yang khas. Bahkan kopi Samosir sudah mendapat sertifikat Indikasi Geografis dari Kemenkumham RI tahun 2018 dengan hasil uji cita rasa dari Puslitkoka-Jember, dengan dinal score rata-rata 85.

Masih kata Oliver, terbentuknya komunitas ini juga dilatarbelakangi akan kesadaran bahwa masih minimnya hasil panen kopi, belum standarnya pola budidaya, panen dan paska panen kopi, pola penjualan yang masih tradisional dan minimnya sarana prasarana.

BACA: Koperasi Karyawan Universitas HKBP Nommensen Luncurkan Produk Inovatif Bubuk Kopi

“Dan, Puji Tuhan, pada 7 Januari 2019, terbentuklah Samosir Coffee Synergy yang merupakan wadah untuk berkolaborasi dan bersinergi antara petani kopi, pemerintah daerah, perusahaan-perusahaan negara dan swasta,pegiat kopi, pecinta kopi, pelaku usaha kopi serta pihak-pihak yang peduli kopi,” ujarnya.

“Kita memiliki visi menjadikan pertanian kopi sebagai agrowisata unggulan di Kabupaten Samosir. Dan, misi kita adalah berkontribusi dalam meningkatkan hasil panen kopi Samosir, berdaya guna dalam pengembangan sektor pariwisata dan pertanian kopi di Kabupaten Samosir serta menciptakan lapangan pekerjaan baru, baik terdidik maupun non terdidik,” imbuh Oliver.

Dan, dengan terbentuknya komunitas dan dilaksanakannya event ‘Ngopi Bareng’ ini, Oliver yakin bahwa rencana Samosir Coffee Synergy untuk melaksanakan Festival Kopi Samosir Tahun 2020 dapat terwujud dan akan berjalan sukses.

Pengunjung serta pengurus dan anggota Samosir Coffee Synergy mengangkat cangkir cup masing-masing pada acara Ngopi Bareng dan Edukasi Kopi pada peringatan Hari Kopi Internasional, Selasa (1/10/2019).

Niat baik ini pun mendapat respons yang baik pula dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), yang mensponsori kegiatan ‘Ngopi Bareng’ tersebut. Kepala Cabang Pembantu BRI Samosir Arief Budi Pranowo menyatakan bahwa BRI memiliki program-program untuk mendukung pelaku-pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan usaha, khususnya yang berhubungan dengan kopi.

BACA: Bupati Karo dan Pengusaha Kopi Ujicoba Fasilitas Comand Centre, Ini Fungsinya…

“Salah satunya, BRI menyediakan fasilitas berupa pinjaman dengan bunga rendah, seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) untuk mendukung usaha ekonomi kreatif masyarakat Samosir, tapi tentu dengan persyaratan dan regulasi yang berlaku,” ujar Arief Budi Pranowo.

Share this: