Bentuk BKN PDIP Sumut, Djarot Ingatkan Pembangunan Karakter Bangsa

Share this:
BMG
Ketua DPD PDIP Sumut Djarot Saiful Hidayat foto bersama dengan Pengurus Badan Kebudayaan Nasional PDIP Sumut, Kamis (24/9/2020).

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumut, membentuk Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDIP Sumut. Pembentukan BKN sebagai komitmen PDIP mengawal budaya dan jati diri bangsa.

“Bangsa Indonesia dikenal memiliki welas asih, tidak gampang terprovokasi. PDIP mengambil jalan kebudayaan agar tidak ada lagi intoleransi di negeri ini,” ujar Ketua DPD PDIP Sumut Djarot Saiful Hidayat, pada Acara Pengukuhan BKN di Sekretariat PDIP Sumut, Kamis (24/9/2020).

Pantauan lapangan, dalam acara tersebut juga hadir Sekretaris DPD PDIP Sumut Soetarto, juga para fungsionaris PDIP lainnya.

Djarot menjelaskan, pembentukan badan-badan partai termasuk BKN juga menjadi salah satu instruksi Kongres V di Bali beberapa waktu lalu.

Terlebih, kata Djarot di Sumatera Utara merupakan tempat lahirnya para budayawan dan seniman, serta sastrawan hingga penulis kaliber nasional dan internasional.

“Di sini (Sumut), lahir sastrawan Amir Hamzah. Ia juga yang mendorong Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional,” tambahnya.

Tak hanya itu, sastrawan Sitor Situmorang, juga berasal dari Sumatera Utara.

“Saya beberapa kali bertemu dengan keluarga Sitor Situmorang dan tetap menjalin hubungan baik,” ujarnya.

BacaMomen Ketika Jokowi Jongkok Beri Penghargaan ke Budayawan

Djarot juga menuturkan, pada era Bung Karno pembangunan karakter bangsa melalui nation and character building salah satunya melalui pendekatan budaya.

“Bung Karno itu kerap mengundang para budayawan, seniman, dan sastrawan ke istana negara,” ungkapnya.

Share this: