Final Liga Champions: Tak Lagi Bicara Tradisi, Murni Kualitas dan Pesta Gol akan Terjadi

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Final liga Champions akan mempertemukan Liverpool vs Real Madrid di Stade de Franc, Prancis, Minggu (29/5/2022) pukul 02.00 WIB dini hari.

Kekuatan Tim

Mari menafikan kekuatan tradisi dan keberuntungan untuk pertandingan kali ini dan fokus pada kekuatan tim dan kualitas pemain lini per lini. Sebab, kedua tim sama-sama memiliki tradisi yang kuat di Liga Champions dan pertandingan digelar di tempat yang netral, yakni di Stade de France, Prancis.

Anggap saja venue ini sedikit menguntungkan Madrid, karena Benzema merupakan pemain berkebangsaan Prancis. Tapi, ini tak begitu mempengaruhi.

Lebih elok kita bicara kekuatan, mulai dari kiper sampai ke striker. Tentu komposisi pemain tak berbeda jauh kala kedua tim bertemu pada Final Liga Champions 2017/2018.

Di kubu Liverpool, Mohamed Salah akan menjadi pilihan utama di lini depan, sekaligus sebagai ajang balas dendam baginya karena pada final sebelumnya dia terpaksa ditarik keluar akibat keganasan Sergio Ramos.

Tentunya, top scorer Liga Inggris ini akan berjuang bersama Saidou Mane dan Diego Jota atau Luis Diaz.

Di lini tengah, Henderson, Fabinho, Thiago Alcantara akan siap memanjakan para striker, sekaligus membantu Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk dan Robertson di lini belakang.

Dan, yang terpenting, penjaga gawang tak lagi dikawal oleh Karius yang membuat 2 blunder pada final sebelumnya. Liverpool kini punya kiper tangguh Alisson Becker.

Sementara, di kubu Real Madrid, penjaga gawang yang juga memiliki kualitas mumpuni akan siap menjadi palang pintu terakhir, yaitu Thibaut Curtois, yang merupakan pengganti Keylor Navas yang menjadi kiper pada final sebelumnya.

Di barisan pertahanan, Real Madrid sebenarnya cukup rapuh. Ini terbukti dari banyaknya gol yang bersarang ke gawang mereka. Pun mereka sering selamat dari gempuran gol, kebanyakan karena kesalahan striker lawan yang tak mampu menyempurnakan kesempatan.

Carvajal, Militao, Nacho dan Mendy yang kemungkinan diturunkan di barisan belakang sepertinya lebih lemah dibanding kekuatan lini belakang Liverpool.

Namun, di lini tengah, Madrid memiliki pemain-pemain sarat pengalaman dan kualitas yang tak perlu diragukan. Casemiro, Kroos, dan Luca Modric, adalah trio terbaik di dunia, yang kualitas dan pengalamannya bisa dikatakan lebih baik dari lini tengah yang dimiliki Liverpool.

Dan, di barisan bomber, Madrid beruntung masih memiliki Benzema. Sepertinya, pria yang kini memimpin daftar top scorer Liga Champions 2021/2022 dengan torehan 15 gol dan top scorer La Liga Spanyol ini akan merepotkan barisan pertahanan Liverpool, apalagi Benzema saat ini sedang on fire.

BacaLuis Enrique Resmi Latih Timnas Spanyol

BacaKaro United, PSMS, PSDS Berlaga di Liga 2, Baskami: Awal Kebangkitan Sepakbola Sumut

Memang, masih ada Valverde, Vinicius atau Rodrygo di lini depan Madrid, namun kemampuan mereka sepertinya belum mampu mengimbangi level permainan para penyerang Liverpool.

Halaman Selanjutnya >>>

Klopp v Ancelotti, Dua Pelatih Papan Atas

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: