Pelatih Berdarah Indonesia Ini akan Gantikan Guardiola di City

Share this:
Giovanni van Bronckhorst

MANCHESTER, BENTENGTIMES.com – Kontrak Pep Guardiola memang masih lama di Manchester City, masih sampai 2021. Tapi pemilik The Citizens belajar banyak dari kegagalan Manchester United melakukan kaderisasi posisi penting tersebut. Dan, untuk menggantikan sang pelatih Catalonia itu, seorang pelatih berdarah Indonesia yang akan dipilih. Demikian menurut laporan hari Minggu (29/9/2019).

Dia adalah pelatih Belanda keturunan Indonesia, Giovanni van Bronckhorst, yang sedang disiapkan menjadi manajer Manchester City berikutnya usai era Pep Guardiola.

BACA: Juarai Piala Liga Inggris Awal dari Dinasti Manchester City

Seperti dilaporkan harian The Mirror, Manchester City memberi Giovanni van Bronckhorst akses ke semua area di klub. Pelatih berusia 44 tahun itu menghabiskan satu bulan lalu bekerja di belakang layar di Etihad.

Hal ini terjadi setelah ia berhasil dibujuk oleh pemilik klub biru Manchester tersebut untuk membatalkan rencananya mengambil cuti panjang satu tahun usai mundur dari posisinya sebagai pelatih klub Belanda Feyenoord akhir musim lalu.

Alasan resmi yang dilontarkan Manchester City adalah mereka melakukan satu pengaturan informal dengan mantan gelandang Barcelona, Arsenal dan Rangers itu guna membantunya mengembangkan lebih lanjut keahliannya. Namun menurut laporan Sunday Mirror Sport, ini bukan sekedar masalah informal. Van Bronckhorst sudah menandatangani kontrak yang membuatnya masuk dalam daftar gaji klub.

Rencananya adalah dia akan tetap terus berada di Manchester jika terbukti cocok. Pemilik The Skyblues belajar banyak dari Manchester United, bagaimana performa klub Setan Merah itu merosot selama dalam enam tahun terakhir sejak kepergian Sir Alex Ferguson.

Belajar dari pengalaman itu, pemilik klub Sheikh Mansour ingin melakukan kaderisasi sejak awal dan menyiapkan sang pelatih berdarah Indonesia itu sebagai manajer City berikutnya.

BACA: Paul Scholes Anggap Sosok Ini Paling Berjasa Atas Prestasi Inggris

Van Bronckhorst akan menghabiskan satu tahun ke depan untuk belajar berbagai hal terkait manajemen klub, operasional klub, bagaimana proses mencari pemain berbakat serta cara beroperasi pelatihan klub dari tingkat akademi ke atas.

Dia saat ini bekerja bersama teman dekatnya Brian Marwood, Petugas Administrasi Sepakbola yang sangat berpengaruh di City. Dan pelatih asal Belanda itu telah menjadi figur penting klub sehingga tinggal di salah satu kamar standar bintang empat di Akademi Sepak Bola City.

Giovanni van Bronckhorst jelas akan menjadi pilihan yang jauh lebih efisien atau murah dibandingkan terus memperpanjang kontrak Pep Guardiola yang gajinya diperkirakan mencapai Rp267 miliar dalam setahun. Yang terpenting adalah mencuri ilmu manajemen Pep dan kemudian meneruskan penggemblengan para pemain muda Manchester City.

Van Bronckhorst lahir di Rotterdam dari ayah bernama Victor van Bronckhorst, campuran Indonesia-Belanda dan Fransien Sapulette, seorang ibu Indonesia keturunan Maluku. Dia mulai bermain untuk tim pemuda amatir lokal di Rotterdam, Linker Maas Oever, sejak usia enam tahun dan bergabung ke akademi muda di Feyenoord pada tahun berikutnya.

Share this: