Flower and Fruit Festival dan Tour De Sinabung Masuk Calender Of Event Pariwisata

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesora Lt 1 JI Medan Mardeka Barat, Jakarta Pusat.

KARO, BENTENGTIMES.com – Pemkab Karo digandeng untuk menghadiri acara launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2019 sebagai trending topik nasional yang diadakan Kementerian Pariwisata RI.

Diketahui bahwa Kabupaten Karo adalah salah satu bagian dari objek wisata destinasi Danau Toba dan pintu gerbang Geopark Kaldera Toba, bahkan termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

BACA: Bupati se-Kawasan Danau Toba Rapat Bersama Tim Assesor Unesco

Launching ini dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya bersamaan disaksikan Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono MSc Ph D, Pangdam I/BB Mayjend M Sabrar Fadhilah, Wagubsu Musa Rajeksah, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Kepala BODT (Badan Otorita Danau Toba) Arie Prasetyo.

Dalam acara tersebut, program Pemda Karo melalui Dinas Pariwisata juga ikut masuk daftar Calendar Of Event tahun 2019. Ada dua event yang masuk dalam COE tersebut, yang akan terpusat di Berastagi dan di Siosar.

“Event di Berastagi tersebut berupa Festival Bunga dan Buah (Flower and Fruit) yang akan dilaksanakan pada 5-7 Juli 2019, sedangkan event di Siosar adalah Tour De Sinabung VI, yang akan dilaksanakan tanggal 14-15 September 2019,” jelas Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kadis Parawisata Ir Mulia Barus, Senin (25/2/2019) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesora Lt 1 Jalan Medan Mardeka Barat, Jakarta Pusat.

Dikatakan bahwa kegiatan ini untuk mendukung gerakan pencapaian target nasional di bidang pariwisata, yaitu kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 275 juta wisatawan nusantara (Wisnus) dl tahun 2019 ini.

BACA: Wow! Sampah di Danau Toba akan Jadi Bahan Baku Pengganti Aspal

“Oleh sebab itu, Pemda Karo siap ambil bagian untuk mendongkrak dan menyukseskan program pemerintah pusat ini, melalui event-event yang sudah terprogram, termasuk event di Kabupaten Karo,” jelasnya.

Namun demikian, Pemkab Karo akan tetap berusaha membuat terobosan-terobosan dengan event-event yang lain agar promosi COE memenuhi target.

“Misalnya, tanggal 8-9 Maret 2019 kita akan adakan HUT Hari Jadi Kabupaten Karo ke-73. Ini juga dapat menarik wisatawan ke Berastagi,” ujar Terkelin yang juga didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana.

Sementara, Kadis Parawisata Ir Mulia Barus membenarkan bahwa untuk Kabupaten Karo, ada dua jenis kegiatan yang dilaunching di COE oleh Kementerian Parawisata. Dikatakan, pada dasarnya event ini dilakukan untuk mendukung pencapaian target dalam mengembangkan promosi dan pemasaran parawisata Danau Toba tahun 2019.

“Ada total 17 item, termasuk kabupaten lain masuk dalam draft COE untuk dilaunching Kementrian Pariwisata RI,” ujar Mulia Barus.

Share this: