Jokowi Ungkap Perkataan Mark Zuckerberg Terkait Metaverse di 2016

Share this:
BMG
Presiden Joko Widodo diajak Mark Zuckerberg bermain pingpong pakai Oculus saat berkunjung ke kantor Facebook di Silicon Valley, Amerika Serikat, pada 17 Februari 2016 waktu setempat.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh lapisan bangsa agar bersiap menghadapi kemajuan digital dan teknologi. Menurut Jokowi, kemajuan teknologi digital adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Satu-satunya cara menghadapinya, yakni dengan mempersiapkannya sebaik mungkin.

Dia kembali mengingat pertemuannya dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg pada 2016 silam. Saat itu, kata Jokowi, Mark mengingatkannya mengenai perkembangan teknologi digital yang akan terjadi di masa depan, salah satunya yakni dunia yang semuanya serba digital atau metaverse.

“Mau tidak mau harus siap atas kemajuan digital dunia. Saya ingat 2016, waktu ketemu Mark Zuckerberg di Amerika. Saya diajak main pingpong pakai Oculus. Dia beritahu saya, Presiden Jokowi, ini nanti dalam 10-15 tahun lagi akan muncul seperti kita main pingpong ini,” tutur Jokowi, mengingat perkataan Mark, dalam peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital, Rabu (15/2021).

Jokowi mengungkapkan, saat itu, dia dan Mark berbicara mengenai kemungkinan di masa depan yang segalanya serba digital. Termasuk hadirnya kantor ataupun tempat wisata secara virtual.

“Setiap orang bisa beli lahan virtual, bisa bangun bisnis virtualnya sendiri dan juga akan ada mall virtual, gym virtual, kantor virtual, wisata virtual. Saya saat ini belum bisa membayangkan seperti apa sebetulnya. Tapi, sekarang saya bisa mengerti betul bahwa kemajuan digital ini tidak bisa kita cegah lagi,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke kantor Facebook di Silicon Valley, Amerika Serikat, pada 17 Februari 2016 waktu setempat.

BacaDaripada Dijual Murah, Manfaatkan Smartphone Lama Jadi Kamera CCTV Gratis

BacaBane Raja Manalu: Ini Era Internet of Everything, Mulailah Berusaha!

Sekarang ini, perusahaan-perusahaan besar di dunia, lanjut Jokowi, sudah berlomba membangun metaverse. Dia juga menyebut bahwa saat ini Indonesia perlu menyiapkan strategi mengenai perkembangan dunia digital yang sangat cepat.

“Negara kita perlu menyiapkan sebuah strategi agar kita tidak tertinggal jauh oleh negara-negara lain. Sehingga, saya sampaikan pada Menteri BUMN dan pada yang lain juga waktu kita tidak banyak untuk bisa mengejar itu, dan negara ini akan maju kalau kita bisa melompat dan waktunya hanya dua tahun,” tutur Jokowi.

Halaman Selanjutnya >>>

Indonesia Beruntung Punya Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Share this: