Daripada Dijual Murah, Manfaatkan Smartphone Lama Jadi Kamera CCTV Gratis

Share this:
BMG
Ilustrasi smartphone bekas.

BENTENGTIMES.com– Kali ini, tips teknologi mengulas pemanfaatan smartphone lama atau bekas untuk digunakan kamera keamanan (CCTV) gratis. Pemanfaatan ini tentu jauh lebih baik daripada perangkat itu dibiarkan atau disimpan saja atau malah menjualnya dengan harga yang terlalu murah.

Kamera pada smartphone misalnya, bisa dipakai untuk memantau bayi, atau speaker Google Home darurat.

Berikut cara memanfaatkan ponsel lama menjadi perangkat kamera keamanan, seperti dikutip dari tempo.co, 25 September 2020:

1. Pakai Aplikasi Kamera Keamanan

Untuk memulai, pengguna harus memilih aplikasi kamera keamanan untuk ponselnya terlebih dahulu. Sebagian besar aplikasi menawarkan banyak fitur yang sama, seperti streaming lokal, streaming cloud, merekam, dan menyimpan footage secara lokal atau jarak jauh, serta deteksi dan peringatan gerakan.

Setelah itu, pengguna akan bisa memantau aktivitas dan mengontrol kamera keamanan dari mana saja, langsung dari smartphone baru pengguna.

Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Alfred, aplikasi lintas platform baik Android maupun iOS. Alfred gratis untuk digunakan dan memberikan pengguna tampilan jarak jauh dari umpan langsung, deteksi gerakan dengan peringatan, penyimpanan cloud gratis, umpan audio dua arah dan penggunaan kamera depan dan belakang.

BacaSampaikan Keluhan di Sikomplit Tanjungbalai, Paling Lama 10 Hari Langsung Direspon

Untuk membuka fitur tambahan, seperti melihat dan merekam dengan resolusi lebih tinggi, zoom, hapus iklan, dan penyimpanan cloud 30 hari, bisa ditingkatkan ke Alfred Premium.

Share this: