Gerindra-PKS Buka Peluang Dukung Mantu Jokowi di Pilwakot Medan

Share this:
BMG
Bobby Nasution berbagi kegembiraan bersama anak-anak Panti Asuhan Putra William Booth dan Putri Evangeline Booth di Jalan Samanhudi, Medan, Selasa (24/12/2019).

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak menutup kemungkinan mengusung non kader dalam Pemilihan Walikota (Pilwakot) Medan, 2020 mendatang. Dengan demikian, terbuka peluang bagi Bobby Nasution, mantu Presiden Jokowi mendapat dukungan dari PKS maupun Gerindra.

Presiden PKS Sohibul Iman mengemukakan, PKS selama ini memang membuka kesempatan untuk mengusung calon non kader. Asal syarat utama harus terpenuhi, yaitu memiliki integritas, kapabilitas, dan siap berjuang untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kalau untuk jabatan publik, itu PKS terbuka mau dari kader maupun luar kader tidak ada masalah,” ucap Sohibul, di Kantor DPP PKS, Jakarta, Minggu (29/12).

Sementara, Bobby Nasution mengklaim telah menjalin komunikasi dengan partai lainnya. Termasuk PKS Sumatera Utara. Akan tetapi, Sohibul mengaku belum diajak bertemu oleh Bobby.

“Sampai sekarang dari DPP PKS Sumatera Utara belum ada laporan bahwa saudara Bobby mau ketemu saya,” kata Sohibul.

Sohibul lalu menjelaskan bahwa DPP PKS menyerahkan proses seleksi kepada pengurus tingkat DPD. Selanjutnya, setiap DPD menyerahkan nama minimal dua calon ke DPP untuk diproses.

“Jadi, persiapan di daerah sudah sangat luar biasa mereka sudah lakukan proses itu. Tapi yang sampai ke DPP belum ada 10,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menuturkan, partainya berpeluang mendukung Bobby Nasution maju dalam pemilihan Walikota Medan 2020. Meski bukan kader, Bobby telah bertemu dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, terkait pencalonannya tersebut, Sabtu (28/12/2019).

“Kalau memang ada kader partai lain atau non partai seperti Anies Baswedan (Gubernur DKI) yang kita yakini bukan hanya untuk memenangkan pilkada tapi juga mensejahterakan rakyat, tidak apa-apa kita dukung yang bukan kader,” kata Riza, saat ditemui di Wisma Garuda, Jakarta, Minggu (29/12/2019).

Ia menilai wajar jika menantu Presiden Joko Widodo itu mendatangi Prabowo untuk mencari dukungan atau rekomendasi sebagai kandidat Walikota Medan. Artinya, keberadaan Gerindra diperhitungkan untuk memenangkan calon dalam kontestasi pilkada.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat menerima kehadiran Bobby Nasution (kanan) di Jakarta, Sabtu (28/12/2019).

Selain Bobby, anak Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Siti Azizah juga menemui Prabowo terkait pencalonannya dalam Pilwakot Tangerang Selatan.

“Kalau partai dianggap tidak penting tentu calon tidak akan datang. Termasuk mantunya Pak Jokowi, anaknya Pak Ma’ruf, kami terima kasih berarti ada legitimasi pengakuan dari Gerindra,” ucapnya.

BacaCucu Jokowi Putri Kahiyang Lahir di Tanggal Cantik, Berikut 5 Fakta Kelahirannya

Kendati demikian, ia menekankan ada proses penjaringan di tingkat DPC atau kabupaten/kota bagi Bobby maupun Siti terkait pencalonan tersebut. Nantinya setelah penjaringan di DPC, akan diteruskan ke DPD atau provinsi dan terakhir akan diputuskan di DPP atau pusat. Calon yang akan diusung rencananya akan diputuskan pada Januari 2020.

“Sejauh ini, kita belum bisa putuskan (siapa yang didukung). Prinsipnya kita menerima siapa saja yang akan datang,” ucapnya.

Share this: