Bukan Tol, Jalan Layang Akan Dibangun ke Karo

Share this:
BMG
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, didampingi Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Batubara Zahir, Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, saat expose Master Plan Sport Center di Rumah Dinas Gubernur di Medan, Kamis (26/12/2019). Rencananya, Sport Center akan dibangun di Batang Kuis.

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berencana membangun sport center (pusat olahraga) Sumut di Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, tahun 2020 mendatang. Desain bangunan yang dirancang oleh PT Penta Rekayasa ini, menyerupai bentuk pohon kelapa sawit.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, saat menayangkan ekspose kedua master plan sport center di rumah dinasnya di Jalan Sudirman Medan, Kamis (26/12/2019). Menurut Edy, ekspose kedua master plan sport center dilakukan sebelum pembangunan dimulai. Ini sesuai permintaan PT Penta Rekayasa.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Bupati Batubara Zahir, Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, pihak PT Penta Rekayasa, Sekretaris Daerah Provsu Sabrina, Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi, dan sejumlah ASN Pemprovsu.

“Rancangan desain menyerupai bentuk pohon kelapa sawit ini sudah melalui proses pembahasan beberapa kali dan dinilai sangat tepat diterapkan di sport center Sumut. Pembangunan sport center ini bertujuan untuk memenuhi sarana dan prasarana atlet agar dapat meningkatkan latihan,” kata Edy.

Di samping itu, akan dibangun tempat Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Karo sebagai penguatan paru-paru olahraga Sumut.

“Tahun 2020, Karo akan kita tata, baik sektor wisata maupun infrastruktur. Mulai Januari, dilaksanakan penataan lingkungan Tahura Bukit Barisan. Untuk infrastruktur, akan dibangun jalan layang, bukan jalan tol,” kata Edy.

BacaGilbert Bertanding Tanpa Melihat Papan Catur dengan Antoni, Berakhir Seri

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyambut baik rencana Pemprov Sumut. Menurut Terkelin, terobosan ini cukup luar biasa bagi Kabupaten Karo. Ia menjelaskan, ada empat program kebijakan yang dibuat Pemprovsu untuk disalurkan ke Kabupaten Karo, diantaranya, penataan Tahura Bukit Barisan, pembangunan jalan layang, perbaikan sarana Stadion Bola Samura, dan pembangunan Pelatnas.

“Untuk itu, Pemkab Karo untuk sementara akan menyediakan lahan untuk pembangunan Pelatnas di kawasan Siosar. Sedangkan untuk perbaikan Stadion Bola Samura, kita akan ajukan proposal bantuan ke KONI Sumut Januari 2020 mendatang. Ini tugas Dispora Karo,” pungkas Terkelin.

BacaASEAN Summit ke-34: 10 Negara Ini Berambisi jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Pada kesempatan yang sama, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis meminta Bupati Karo segera mempersiapkan proposal bantuan perbaikan Stadion Bola Samura dan segera diajukan ke KONI Sumut paling lambat Januari 2020 mendatang.

“Hanya empat kabupaten/kota di Sumut yang mendapat bantuan di tahun 2020, yakni Kabupaten Karo, Asahan, Labuhanbatu, dan Binjai. Meski demikian, yang diprioritaskan adalah Karo. Dana yang dikucurkan untuk Karo diperkirakan mencapai Rp12 miliar. Ini cukup signifikan dibanding kabupaten lain,” tandas John Ismadi Lubis.

Share this: