ASEAN Summit ke-34: 10 Negara Ini Berambisi jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Share this:
ASEAN Summit ke-34 yang digelar di Bangkok, Thailand, 20-23 Juni 2019.

BANGKOK, BENTENGTIMES.com – Salah satu pembahasan pada acara ASEAN Summit ke-34 yang digelar di Bangkok, Thailand, 20-23 Juni 2019 lalu adalah terkait Piala Dunia.

Diketahui bahwa ada sejumlah negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) yang berencana mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Apalagi, turnamen sepak bola terbesar sejagat itu memang belum pernah sekali pun dihelat di negara Asia Tenggara.

BACA: Danau Toba akan Jadi Pusat Wisata di ASEAN, Masyarakat dan Gereja Harus Terlibat

Awalnya, hanya Indonesia, Thailand dan Vietnam yang menyatakan ketertarikan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Namun, di ASEAN Summit ke-34 itu, tujuh negara lain juga menyampaikan minat mereka menggelar Piala Dunia 2034.

Jadi, total ada 10 negara ASEAN yang berminat menyelenggarakan Piala Dunia, yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Brunei Darussalam.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-ocha menyampaikan bahwa para pemimpin negara mendukung Asia Tenggara menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia 2034 jika memungkinkan.

Prayuth juga mengajak seluruh rakyat dari 10 negara tersebut untuk bersatu dan menyukseskan rencana menjadi tuan rumah Piala Dunia.

“Saya mengundang para rakyat Asia Tenggara untuk mendukung federasi sepak bola di negara masing-masing demi terwujudnya impian ini,” tuturnya.

Terpisah, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyambut positif rencana yang digulirkan di pertemuan rutin dua tahunan pemimpin-pemimpin negara di Asia Tenggara itu.

BACA: Tiga Agenda Utama KTT Istimewa ASEAN-Australia

“Kami menilai bahwa jika kami maju (mencalonkan diri) sendirian, kami tak akan punya kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Mungkin dengan semua negara ASEAN bersatu, kita bisa menyelenggarakan Piala Dunia bersama-sama,” ujar Mahathir.

Meski tak memiliki tim nasional yang mampu berbicara banyak di level dunia, namun negara-negara ASEAN memiliki keunggulan berupa jumlah penonton yang amat banyak jumlahnya. Negara-negara ASEAN diklaim memiliki sekitar 640 juta penduduk yang mayoritas menjadikan sepak bola sebagai olahraga terpopuler di negaranya.

Diketahui, batas waktu pendaftaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 adalah pada 2026. Jika serius mengajukan diri, maka negara-negara ASEAN akan berhadapan dengan China yang memiliki ambisi serupa.

Selain China, Mesir juga dikabarkan bersiap untuk mengajukan proposal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Share this: