Bawa Sajam Hendak Menyerang, Sejumlah Remaja Diamankan

Share this:
Sejumlah remaja yang diamankan karena membawa sajam dan hendak menyerang kelompok lain.

SERGAI, BENTENGTIMES.com – Puluhan remaja dari tiga Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) diamankan jajaran Polres Serdang Bedagai saat melakukan Patroli di kawasan simpang Jalan Tol Sei Rampah, Kamis (21/9/2023) dini hari.

Kumpulan remaja itu diamankan karena kedapatan membawa senjata tajam dan berencana akan melakukan penyerangan ke Kecamatan Dolok Masihul dan Kota Tebing Tinggi.

Baca: Geng Motor, Kumpulan Negara Bebas, Pecandu Narkotika

Baca: Kematian Tragis Pelajar SMAN 4 Medan, Dibacok Geng Motor di Jalan Kapten Sumarsono

“Informasi yang kita terima kumpulan remaja ini berasal dari Kecamatan Teluk Mengkudu, Perbaungan dan Sei Rampah. Mereka mengendarai sepeda motor knalpot brong lalu bawa senjata tajam, terus menamakan dirinya Genk Motor,” kata Kabag Ops Kompol LS Siregar didampingi Kasat Reskrim AKP JH Panjaitan, Kamis (21/9/2023).

Menurut Kabag Ops, kumpulan remaja ini juga melakukan pelemparan kepada pengguna mobil dan sepeda motor yang melintas, bahkan ada yang melempar ke arah warga yang saat itu lagi duduk-duduk di depan rumahnya.

Tim Patroli pun mengambil tindakan cepat dan berhasil mengamankan para remaja ini ke Mapolsek Firdaus dan sebagian lagi ke Reskrim Polres Sergai. Kasat Reskrim AKP JH Panjaitan menambahkan, ada 12 kendaraan remaja yang berasal dari Perbaungan saat itu dan sekitar 20 orang di antaranya membawa senjata tajam.

Lalu, personel melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan dua pelaku yakni T (17) warga Dusun 4 Ga harap Ilir Desa Sukaramai, Kecamatan Sei Rampah dan AF (16) warga yang sama dengan T.

Saat melakukan penyisiran, kembali ditemukan AK (15) warga Dusun 4 Gang Pensiunan Desa Bengkel kecamatan Perbaungan, disisir di seputaran lapangan Budiman Sei Rampah.

Hasil interogasi cepat kepada pelaku, kembali ditemukan dia orang diduga pelaku yakni O (23) dan A (21) keduanya warga Dusun 6 Rampah Kiri Desa Sei Rampah, kecamatan Sei Rampah personel berhasil menyita sebilah parang panjang. Sedangkan dari AF disita 3 buah handphone dan 2 unit sepeda motor jenis Honda Legenda dan Honda CBR.

Kesemua terduga pelaku digiring ke Polsek Firdaus dan hasil interogasi cepat kembali diperoleh, kalau remaja yang berasal dari tiga kecamatan itu akan melakukan penyerangan ke Dolok Masihul dan Kota Tebingtinggi.

“Berdasarkan pengakuan mereka, kembali personel berhasil mengamankan I (14) warga Dusun 7 Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah yang saat itu mencoba bersembunyi di SPBU Desa Firdaus. Oleh KBO Sat Reskrim Polres Sergai Iptu E Sidauruk lalu menggiring pelaku yang masih usia belasan itu ke Reskrim Polres Sergai” ujar Kasat Reskrim.

Terpisah, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta ketika dikonfirmasi melalui selular mengatakan, hasil patroli terbuka dan tertutup Polres Sergai ini akan terus ditingkatkan. “Kita sudah mendeteksi para oknum genk motor ini dari beberapa wilayah atau kecamatan, personel terus bergerak, dan berdasarkan pengakuan para pelaku, kita sudah punya data,” ujarnya.

Baca: 23 Orang di Medan Terlibat Begal Diringkus, Ternyata Mereka Masih Pelajar

Baca: Preman ‘Diberangus’, Kapolda Sumut: Tidak Ada Ormas yang Coba-coba Berkuasa

Untuk pelaku yang di bawah umur, pihaknya akan memanggil orang tua, Kepala Desa dan Kepala Sekolah (jika masih berstatus pelajar) ke Polres Sergai untuk membuat pernyataan. Sedangkan, bagi pelaku yang kedapatan membawa senjata tajam, tetap akan diproses sesuai hukum karena jika terbukti bersalah, hukuman untuk anak akan diterapkan.

Share this: