Peduli Penderita Hidrosefalus, Pemuda Panca Marga Salurkan Donasi Rp10 Juta

Share this:
BMG-ERIANTO PERANGIN-ANGIN
Pemberian donasi kepada keluarga penderita hidrosefalus.

KARO, BENTENGTIMES.com – Pemuda Panca Marga menyerahkan donasi kebersamaan kepada keluarga Gihon Efrata Purba (3), seorang penderita hidrocefalus, di Desa Singa, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, Jumat (17/7/2020).

Aksi sosial yang digagas Sekretaris Maran PPM Kabanjahe Kiki Sembiring menjelaskan bahwa awal rencana pengumpulan amal ini dilakukan setelah dia mendapat info viral di media sosial atas kondisi bayi usia 3 tahun itu.

BACA: Potret Malang Gihon, Anak Balita Penderita Hidrosefalus di Desa Singa Tigapanah

Dan pada akhirnya aksi ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan, termasuk Pemuda Panca Marga melalui Maran PPM Kabanjahe. Mereka pun mendonasikan uang sejumlah Rp10 juta dari hasil pengumpulan amal kepada Gihon Efrata Purba.

Diketahui bahwa Gihon Efrata Purba adalah anak kedua dari Edison Purba (30) dan Isda Br Sembiring (24). Menurut penuturan mereka, derita Gihon sudah terjadi sejak usia dini.

Dijelaskan, usahanya untuk mengobati Gihon hingga sekarang sudah dilakukan berulang kali dan bahkan berpindah-pindah rumah sakit. Meski demikian, kisah ibunda Gihon, para dokter di beberapa rumah sakit tidak mampu memberi jalan keluar, dan menyarankan keluarga untuk membawa Gihon pulang.

Dikatakan, awalnya Gihon Efrata Purba dirawat di RS Efarina Etaham, kemudian dirujuk ke RS Adam Malik dan bahkan RS Bhayangkara Medan, tetapi tetap tidak menemukan jalan keluar.

Meski mendapati jalan buntu di sejumlah rumah sakit, kedua orangtua Gihon tetap tabah dan mencoba merawat anaknya melalui pengobatan alternatif yang diramu secara mandiri dengan menggunakan rempah-rempah yang dipelajari dari Nenek Karo Gihon Efrata Purba.

Menurut ibunda Gihon, setelah menggunakan rempah-rempah meski ada penurunan gejala, namun yang kerap membuatnya cemas karena kondisi Gihon yang mengalami kepala membesar dan belum ada perubahan, serta belakangan Gihon mengalami kejang-kejang dan demam tinggi.

BACA: Lawan Covid-19, PPM Sumut Donasi Bilik Sterilisasi di Karo

Turut hadir dalam penyerahan donasi itu Ketua Maran PPM Kabanjahe Efan Sembiring Meliala, Sekretaris Kiki Sembiring, Bendahara Defri Barus dan Ketua Karang Taruna Desa Singa Wahyu Surbakti.

Share this: