Pasca Hujan Lebat di Karo akan Dilaksanakan Pemangkasan

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Kabid Pertamanan Kabupaten Karo Baron Kaban

KARO, BENTENGTIMES.com – Pasca hujan lebat dan angin kencang yang menumbangkan pohon pada Sabtu (4/5/2019) di sejumlah titik, yakni Gang Persada Indah/Nelva, Jalan Katepul, Jalan Rata Perangin-angin Kecamatan Kabanjahe, pihak Bidang Pertamanan Kabupaten Karo tampak sudah melakukan pembersihan sejak Minggu (5/5/2019).

Dan, atas kondisi ini, warga dan tokoh pemuda Karo meminta agar pihak Pertamanan memotong/memangkas pohon yang berada di pinggir jalan yang sudah lapuk, tua dan yang tidak berfungsi lagi.

BACA: Hujan Disertai Angin Kencang Landa Kabanjahe, Pohon Tumbang Timpa Dua Mobil

“Karena ini bisa membahayakan warga, sarana dan prasarana milik warga dan pemerintah,” ujar Ketua Pemuda Merga Silima Beres Berahmana dan perwakilan masyarakat Artya Aksara Berahmana.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Pertamanan Kabupaten Karo Baron Kaban mengatakan, setelah pihaknya menerima laporan warga bahwa ada pohon tumbang, pihaknya langsung turun ke lapangan untuk membersihkan jalan, kabel dan rumah warga yang terkena tumbangan kayu.

“Semalam sekira pukul 09.30 WIB, kita sudah berhasil menangani kayu tumbang di beberpa titik berkat kerjasama masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya mulai melakukan pemangkasan/penebangan pohon yang sudah layak dipangkas dan layak ditumbang. Namun, kendala di lapangan, banyak kabel listrik, terutama kabel telanjang PLN.

BACA: 18 Rumah di Tanah Karo Rusak Dihantam Puting Beliung

“Maka kami akan koordinasi dengan pihak PLN Cabang Karo, agar dalam penebangan pohon, listrik dipadamkan pada area penebangan. Penebangan akan kami mulai di hari kerja, yakni Senin sampai Jumat,” jelas kata Baron Kaban.

Share this: